Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jurus Sakti Usir Embun Di Dalam Lampu Kabut

Editor - Rabu, 6 Januari 2010 | 14:37 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tak disangka tak dinyana, baru dibeli beberapa bulan. Lampu kabut Honda City lansiran 2008 milik Aditywarman sudah berkabut. Siang hari kalau sedang panas memang tak terlihat, namun begitu malam menjelang ditambah hujan. Buyarlah segala sinar dari foglamp. Tak perlu mengumpat semua bisa diatasi.

"Asalnya dari celah antar rumah lampu yang kurang rapat," jelas Deden, penjaga gerai Syifa Jaya di pusat onderdil Dutamas Fatmawati Lt.2 No.103, Jaksel. Embun terjadi kalau ada perbedaan temperatur yang signifikan antara bagian luar dan dalam rumah lampu.

Begitu embun terjadi, artinya akan ada uap air di dalam rumah lampu yang tertinggal. Efek jeleknya, selain bikin mika lampu kusam dan dekil. Belum lagi kalau air sampai menerjang soket lampu. Bisa-bisa bikin korslet tuh.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Padahal bikin embun ogah muncul lagi enggak terlalu susah loh. Caranya termasuk universal, maksudnya bisa diaplikasikan ke beragam merek kendaraan. Prinsipnya hanya berbeda pada baut untuk membuka rumah lampunya.

Sedang material yang dibutuhkan cukup dengan sealer yang harganya berkisar Rp 20 ribu. Mencarinya juga banyak di beragam toko onderdil. Pertama tentu harus melepas fog lamp dari bumper. Sama hal kalau embun terjadi pada lampu utama.

Pada New Honda City milik Adit, melepas fog lamp harus melepas klip plastik penutup kolong spakbor bagian bawah dengan obeng + (Gbr.1). Setelah itu, lepas bohlam lampu dengan mencabut soketnya (Gbr.2). Hal ini bertujuan untuk mempermudah ketika mencopot 1 buah baut pengunci foglamp dengan kunci 10 mm (Gbr.3).

Akan lebih baik ketika lampu sudah lepas untuk membersihkan mika lampu bagian dalam dari sisa embun yang tertinggal. Cukup dengan memasukkan lap kering ke dalam lampu, kemudian gosokan ke sekeliling mika.

Yakin mika sudah bersih? Lanjutkan melapis sealer ke sekeliling rumah lampu (Gbr.4). Pastikan tidak ada bagian yang bocor. Selesai pekerjaan, rakit kembali foglamp ke tempat semula. Biar lebih yakin lampu bebas bocor, oles juga sealer ketika selesai memasang soket lampu.

Sekarang enggak khawatir lagi masalah lampu kalau sampai kabut turun toh.

Penulis/Foto: Rio / Rio

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa