Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Piggyback Diesel, HKS F-Con Series

billy - Senin, 25 Juni 2012 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Lama bermain ragam alat untuk meningkatkan performa, HKS punya 2 varian piggyback untuk mesin diesel, yakni F-Con D dan F-Con iD. "F-Con D hanya untuk mesin Toyota 1KD dan 2KD, sementara F-Con iD untuk mesin diesel dengan teknologi common-rail," terang Fenny Helen, Sales Sumber Berkat selaku distributor merek HKS di Indonesia.

Harga jelas berbeda, kalau F-Con D dilepas di kisaran Rp 6 juta, sementara F-Con iD di rentang Rp 10 juta, semuanya sudah termasuk pasang. Perbedaan lain, F-Con D sudah memiliki mapping standar dari Jepang, sementara ketika memasang F-Con iD harus sembari setting untuk input data mapping yang diinginkan. Efeknya ke waktu pasang, kalau F-Con D sekitar 20 menit, sementara F-Con iD butuh waktu sekitar 1 jam. "Itu belum termasuk kalau ingin retune agar benar-benar sesuai maksimalisasi mesin," sambung pria yang akrab disapa Fenny ini.

Enaknya F-Con D mudah dalam instalasi. Semuanya sudah disediakan soket khusus, jadi tinggal plug n play. Pun terdapat sakelar On/Off apabila piggyback tak ingin diaktifkan. Beda dengan F-Con iD yang tanpa sakelar, dan harus jumper beragam kabel sensor dengan ECU.

Namun dengan F-Con iD, hampir semua parameter dalam ECU bisa di-setting. Hampir mirip stand alone. Alhasil, peningkatan tenaga yang dihasilkan lebih tinggi. "Enaknya lagi, seandainya ganti injector atau pun turbo lebih besar, F-Con iD juga masih bisa menyesuaikan modifikasi, tinggal mapping ulang sesuai modifikasi yang dikerjakan," ucap pria ramah ini.

Nah, yang baru saja masuk justru HKS OB-Link. Sebenarnya lebih ke indikator untuk mengintip data ECU. Jadi, tinggal colok ke soket OBD (On Board Diagnostic), lalu seluruh data ECU akan tampil pada gadget kesayangan yang berbasis Android. Aplikasinya bisa di-download di Android Market. Mulai dari putaran mesin, temperatur air dan oli, juga semprotan injektor dan lainnya. Tak hanya membaca, OB-Link pun bisa sedikit mengubah setting bawaan standar mobilnya. (mobil.otomotifnet.com)

HKS Indonesia: 021-26538558

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa