Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tang Lancip, Menjangkau Posisi Sempit

billy - Senin, 5 Maret 2012 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Tang lancip atau dikenal juga dengan nama long nose pliers kerap disepelekan, padahal fungsinya juga diperlukan untuk memudahkan pekerjaan saat ‘ngebengkel’. Yakni untuk menjangkau benda yang berada di posisi sempit. “Tang lancip dibutuhkan, terutama jika tang kombinasi yang berkepala lebih lebar tidak dapat menjangkau. Misalnya untuk menyetel langsam karburator,” ujar Boim, kepala mekanik bengkel resmi Yamaha Abadi Motor di Jl. Panjang Raya, Jakbar.

Soal ukuran tang lancip pun beragam, namun dalam dunia otomotif menggunakan ukuran 5 hingga 7 inci. “Iya, ukuran tersebut merupakan yang lumrah digunakan untuk bengkel. Sedangkan tang lancip berukuran 13 inci biasanya dipakai untuk industri,” bilang Adi, owner Adijaya Teknik di Lindeteves Trade Center (LTC), GF 1, Blok C 31, No. 9, Glodok, Kota, Jakbar.

Perkara merek, diyakini cukup banyak merek yang beredar di pasaran. Maklum hampir semua produsen perkakas memproduksi hand tools berupa tang lancip. “Soal harganya tentu tergantung merek dan kualitasnya. Range harganya mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 400 ribu per buah. Untuk yang paling mahal biasanya produk import asal Jerman, kerena memang materialnya unggulan,” lanjut Adi merinci.

Negara asal produsen kerap jadi pertimbangan kualitas. Bahkan para pedagang perkakas mengakui terdapat perbedaan material. “Bikinan Jepang kandungan chrome vanadium-nya lebih tipis ketimbang bikinan Amerika. Hal ini berkaitan dengan standarisasi yang diterapkan di Negara produsen itu sendiri,” ucap Daniel Anggriawan, bos Anugerah Jaya Teknik di LTC. GF 2. Blok 6, No. 8-9, Glodok, Kota, Jakbar.

Perlu diketahui pula lapisan finishing hand tools (dalam hal ini tang lancip) memiliki beragam jenis. “Terdapat 5 jenis lapisan finishing yakni chrome plated, satin finish, nickel satin finish, polish finish with black side dan black finish. Untuk kualitas paling unggul adalah chrome plated dan satin finish, tentu harganya juga lebih mahal,” beber Daniel yang akrab disapa Cuncun ini.
(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa