Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Layanan SPBU Pertamina, Shell dan Total

billy - Selasa, 17 Januari 2012 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik kendaraan adalah membeli bahan bakar minyak (BBM). Enggak heran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi tempat favorit untuk disambangi.

Jika dulu hanya ada satu produsen bahan bakar yang beroperasi sekarang tidak lagi. Masyarakat diberi beberapa pilihan untuk digunakan. Selain itu pelayanan dan fasilitas yang diberikan juga lebih beragam. SPBU tidak hanya menjadi lokasi untuk mengisi BBM tetapi juga tempat nongkrong, makan, ambil uang, cuci mobil, ‘ngebengkel’ dan lainnya.

Nah lantaran semakin banyaknya SPBU yang menawarkan pelayanan dan fasilitas yang semakin baik, OTOMOTIF melakukan komparasi untuk membandingkannya. Pilihan jatuh pada 3 SPBU milik Pertamina, Shell dan Total. Ketiganya dipilih lantaran beroperasi di pusat kota dan jumlahnya terus berkembang.

Sebagai parameter akan dilihat dari segi pelayanan, fasilitas dan daya tampung. Sebagai sasaran dipilih SPBU yang posisinya berdekatan dan berada di satu jalur jalan di area dalam kota Jakarta.

Fasilias SPBU
Pertamina dan Shell menggunakan 8 dispenser. Sedangkan Total hanya enam. Masing-masing dispenser sudah menyediakan beragam jenis bahan bakar. Jadi antrean enggak harus di jalur tertentu. Tinggal bilang mau isi bahan bakar jenis apa. Kecuali bahan bakar diesel yang dipisah. Untuk pembayaran, selain uang cash ketiganya bisa menggunakan kartu kredit atau debit. Setiap SPBU juga dilengkapi alat untuk mengisi angin dan air.

 Pertamina: ***
Shell: ***
Total: **

No caption
No credit
No caption

Pelayanan
Masuk ke SPBU Pertamina harus sedikit sabar karena menunggu antrean. Peminat bensin Premium masih tidak berkurang jumlahnya. Tiba giliran OTOMOTIF ucapan salam disampaikan oleh petugas. Pertanyaan standar mau isi apa dan berapa. Setelah tahu dan memastikan angka meteran di posisi nol, langsung isi. Setelah selesai ditanya mau pakai bon apa tidak. Salam kembali disebutkan. Agak sedikit terburu-buru, mungkin lantaran antrean yang banyak.

Hal serupa dilakukan oleh petugas di SPBU Total. Hanya ada sedikit tambahan layanan untuk membersihkan kaca depan mobil. Enggak beda jauh di SPBU Shell. Sama-sama ada layanan membersihkan kaca depan. Kemudian keduanya juga mengharuskan pemilik kendaraan untuk mematikan mesin saat pengisian.

Hanya petugas Shell lebih rajin menawarkan kepada konsumen untuk mengisi angin atau belanja makanan. Bahkan setelah selesai isi BBM selain memberi salam tapi juga mengingatkan pengemudi untuk menggunakan seat belt dan hati-hati di jalan. Mungkin karena lebih sepi antrean, kedua SPBU swasta ini pelayanannya jadi lebih bagus.

Untuk pembayaran para petugas di SPBU Pertamina lebih cepat untuk memberikan kembalian karena setiap petugas memegang uang. Sedang di Shell dan Total harus ke kasir terlebih dahulu.

Selain itu jika ada yang ingin mengisi angin ban kendaraan. Di SPBU Shell dan Total dibantu oleh petugas, sedang Pertamina tidak.

Pertamina: **
Shell: ****
Total: ***

Daya Tampung
Sementara tempat parkir untuk yang ingin melakukan aktifitas lain seperti berbelanja makanan atau lainnya. Semuannya sama-sama belum maksimal. Alias masih terbatas. Apalagi Pertamina, pengunjungnya ramai tapi area parkirnya sempit, sehingga bisa mengganggu aktifitas keluar masuk kendaraan. Shell dan Total diuntungkan karena kondisi yang masih sepi.

Pertamina: ***
Shell: ***
Total: **


Fasilitas Pendukung
Pertamina ada minimarket, Bright, dengan barang yang beragam. Dari aneka makanan basah, makanan kering, biskuit serta berbagai minuman. Tak hanya menjual makanan/minuman, Bright juga mempunyai area istirahat berupa café outdoor di sekitar minimarket. Enak buat nongkrong. Di dalam minimarket ada 3 ATM bank yang banyak dicari.

Buat yang mau ke toilet, letaknya juga di dalam minimarket, jadi pelanggan bisa menggunakan dengan mudah dan nyaman. Bisa ke toilet tanpa jadi basah saat hari hujan. Kapasitasnya lebih banyak dibanding SPBU lainnya, masing-masing 2 toilet untuk pria dan wanita. Dilengkapi washtafel, bersih tapi tidak disediakan tissue.

Selain Bright, ada fasilitas pendukung lain di area SPBU, café/restoran dan jasa travel. Ada Day Trans, coffee shop Bengawan Solo dan restoran Sapo Garden

Sedang di Total juga ada minimarket, Bonjour, menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tokonya relatif kecil, tapi tersedia café, meja kursi untuk istirahat sambil menikmati kopi panas dan makanan di dalam minimarket.

Toilet juga tersedia di dalam area toko, sehingga memudahkan pengguna. Sekali jalan dapat ke toilet sekaligus jajan. Masing-masing ada 1 toilet, untuk pria dan wanita. Kondisinya bersih, wangi, kering, komplet dengan wastafel, penyemprot air dan tisu. Sayangnya, hanya ada 1 ATM, dan saat dikunjungi OTOMOTIF sedang dalam kondisi rusak.

Sementara Shell juga ada minimarket, Circle K. Menyediakan berbagai makanan, minuman, obat, tissue dan sebagainya. Posisi toilet di luar area minimarket. Memang lebih memudahkan mencapainya, tetapi saat hujan, pengguna toilet jadi kebasahan dan harus hati-hati karena licin. Dilengkapi washtafel tapi kondisinya kurang bersih dan bau kurang segar. Lantainya pun basah/becek. Untuk yang butuh uang cash silakan ke SPBU lainnya.

Pertamina: ****
Shell: **
Total: ***

  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa