Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsep Sayap Belakang Mercedes Tetap Sah

Bagja - Jumat, 23 Maret 2012 | 19:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Meski sudah diprotes oleh dua tim besar di Formula 1 yaitu Red Bull dan Lotus F1, namun Charlie Whiting sebagai delegasi teknis dari FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) badan tertinggi balap mobil dunia, tetap menyatakan konsep itu sah. Diskusi yang dilakukan dengan cukup alot bersama tim-tim yang tidak sepakat, akhirnya menemukan jawaban jelas dari FIA.

“Konsep Super F-Duct yang terdapat pada sayap belakang Mercedes W03 adalah konsep pasif yang tidak digerakkan oleh sistem apapun. Tidak ada komponen bergerak yang membuat sistem itu jadi aktif. Komponen tersebut tidak terintegrasi dengan suspensi di mobil bahkan sistem di kemudi. Nah yang paling penting adalah, tidak ada peraturan yang melarang aktivasi F-Duct melalui pergerakan DRS (Drag Reduction System),” papar Whiting.

Bos motorsport Mercedes-Benz yaitu Norbert Haug pun mulai berbicara tegas, bahwa jika memang ada aplikasi sistem yang melanggar regulasi, maka secara otomatis FIA akan melakukan pembahasan lebih detail pada sistem tersebut bersama tim yang mengaplikasikannya. “Mobil ini sudah lolos scrutineering dan sudah dapat lampu hijau,” tegasnya.

Dengan dilegalkannya sistem tersebut, berarti tim Red Bull dan Lotus F1 hanya mempunyai 2 pilihan. Mencari solusi lain untuk mengimbangi performa Super F-Duct di mobil Mercedes W03, atau menjiplak sistem tersebut di mobil mereka. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa