Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bocoran Regulasi Baru F1 2014, Mobil Dikendalikan ERS

billy - Senin, 25 Juli 2011 | 12:16 WIB
No caption
No credit
No caption


Teknologi penghematan bahan bakar dalam rangka mendukung gerakan ramah lingkungan, memang jadi konsentrasi utama ajang penyusun format regulasi untuk Formula 1 musim 2014 mendatang. Salah satunya adalah aplikasi mesin berkapasitas lebih rendah ketimbang saat ini yaitu 1.600 cc berkonfigurasi V6. Mesin ini sudah dilengkapi dengan turbocharger agar tenaganya lebih bagus.

Berikut beberapa hal yang diatur secara ketat dalam regulasi yang dirilis secara sepihak oleh FIA (Federasi balap mobil dunia) dan komisi balap F1.

Mesin dan sistem kelistrikan :
Tahun 2014 para pembalap akan menggunakan mobil berkapasitas 1,6 liter V6 dan memiliki turbocharger dimana putaran mesin mobil tidak boleh melebihi 15.000 RPM. Walaupun masih akan di-review lagi, namun ini sudah mengikuti saran dari tim dan pembalap.

Sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) atau yang dikenal sebagai ERS (Energy Recovery System) untuk tahun 2014 mendatang, sepertinya akan memegang peranan besar  saat pembalap sudah masuk di jalur pit. ERS inilah yang nantinya akan mengambil alih kinerja mesin bensin saat pembalap masuk jalur pit. Jadi mobil mereka tidak akan menggunakan bahan bakar minyak selama berada di jalur tersebut.

Hal ini diatur dalam regulasi untuk musim 2014 pasal 5.19 tentang teknologi kelistrikan. Yaitu sebuah mobil akan dikendalikan oleh sistem kelistrikan sepenuhnya (tanpa pengapian dan konsumsi bahan bakar), ketika berada di jalur pit.

Menghidupkan Mesin :
Regulasi lainnya juga dibahas tentang cara menghidupkan mesin mobil, yang juga bisa dilakukan oleh pembalap sendiri. Aturan ini dibahas pada pasal 5.18 tentang menghidupkan mesin. Yaitu pembalap harus bisa menghidupkan mesin sendiri tanpa bantuan perangkat lainnya di luar mobil. Regulasi ini dibuat agar jika saat mobil tiba-tiba mati saat keluar dari jalur, maka pembalap tetap bisa menyalakan mobilnya dan melanjutkan balapan.

Girboks dan Transmisi :
Girboks dan sistem transmisi di mobil F1 2014 juga mengalami perubahan yang signifikan. Jika saat ini tim F1 masih bisa mengganti girboks dari seri ke seri lainnya, namun untuk musim 2014 hal ini tidak diperbolehkan lagi. Jadi tim harus mengambil gir rasio yang akan mereka gunakan selama 1 musim sebelum seri pertama dimulai dan dipasangkan pada girboks.

Penggantian hanya bisa dilakukan sekali saja selama berada dalam satu musim. Itu pun jika memang gir rasio pada mobil tersebut sudah benar-benar tidak layak pakai. Sementara transmisi mobil F1 yang saat ini menggunakan 7 percepatan, akan dibuat jadi 8 percepatan.

Sayap depan :
Protes para pembalap F1 tentang sayap depan mobil yang terlalu besar dan mengakibatkan mobil rentan mengalami kerusakan saat bersenggolang ringan dengan pembalap lainnya, membuat regulasi sayap depan juga turut diperbaiki. Bentuk dan ukurannya akan kembali mengikuti model saya depan mobil F1 tahun 2008 lalu. Ukurannya akan direduksi dari 1.800 milimeter (tahun 2013) akan menjadi 1.650 milimeter tahun 2014 mendatang. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa