Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kontroversi Ganti Ban Saat Red Flag

billy - Kamis, 2 Juni 2011 | 05:48 WIB
No caption
No credit
No caption


Selain banyak terjadi insiden di Formula 1 Monako (29/5) lalu, hal yang juga ikut mendapat sorotan tajam para fans F1 di Monako adalah diperbolehkannya tim melakukan perbaikan pada mobil dan ganti ban saat red flag. Tentunya ini adalah hal yang sangat kontroversial, karena pembalap yang tadinya mempunyai grip ban yang sudah mulai berkurang, bisa terbantu karena ganti ban diperbolehkan saat red flag.

Tentunya ini menguntungkan posisi Sebastian Vettel. Padahal seharusnya kondisi mobil setelah balapan dihentikan dan balapan akan dimulai lagi, tidak berubah. Berikut dengan ban dan kerusakan yang terjadi pada mobil. Namun FIA (federasi balap mobil dunia) menjelaskan bahwa ini dilakukan untuk alasan keamanan para pembalap.

“Saya mengerti itu untuk keamanan pembalap, namun perspektif penonton dan fans pasti jauh berbeda. Banyak orang yang bertanya kepada saya, kenapa hal ini dilakukan! Padahal mestinya tidak dilakukan perubahan pada mobil ketika red flag dikibarkan. Jenson Button yang memiliki ban lebih baru saat balapan dihentikan, kondisinya jadi sama dengan Sebastian Vettel saat balapan dimulai lagi. Peraturan macam apa ini?” ketus Paul Hembery, direktur motorsport Pirelli.

Hembery melanjutkan bahwa dengan tidak mengganti ban mobil dan perbaikan pada mobil saat red flag diberlakukan, maka semangat para pembalap tidak akan surut. Mereka akan bertarung hingga akhir dari kondisi dimana mereka sebenarnya.

Selanjutnya hal ini akan dibicarakan oleh FIA, agar kekecewaan para fans di seri-seri mendatang tidak berlanjut, jika terjadi hal serupa. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa