Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Mulai Batasi Alur Gas Buang Mobil F1

billy - Kamis, 19 Mei 2011 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Inovasi bentuk saluran gas buang unik di Formula 1 sepertinya yang pada awalnya diperkenalkan oleh tim Lotus Renault GP, memang sudah mulai diikuti sebagian besar tim-tim F1 saat ini. Namun belakangan kemudian muncul rumor bahwa FIA (federasi balap mobil dunia) bakal membatasi aplikasi bentuk alur gas buang mobil F1 seperti itu.

Tapi yang cukup membingungkan adalah pembatasan ini kabarnya hanya akan berlaku untuk modifikasi knalpot yang bisa meningkatkan dampak terhadap sistem aerodinamika pada kolong mobil. Sementara modifikasi yang diloloskan oleh FIA adalah modifikasi untuk mengangkat torsi mobil melalui penempatan saluran gas buang di bagian bawah mobil.

Namun aturan ini tentu masih sangat abu-abu. Mengingat penempatan saluran gas buang yang hanya berfungsi untuk menambah torsi mobil dan yang berfungsi untuk memperbaiki sistem aerodinamika pada bagian kolong mobil, tidak bisa ditentukan kabilitasnya. Dalam artian batasan perbedaannya sangat tipis, dan pemahaman tiap tim mekanik pun berbeda-beda.

FIA pun memberlakukan aturan yang lebih detail yaitu pada saat pembalap melakukan pengereman, bukaan gas tidak boleh lebih besar dari 10 persen kekuatan maksimum bukaan gas pada mobil F1. Menurut sejumlah sumber, bahwa aliran gas yang lebih besar sekitar 15 hingga 20 persen saat deselerasi, membuat aliran udara pada bagian kolong mobil tetap terkendali yang diteruskan ke diffuser mobil.

Secara otomatis setting mesin mobil F1 yang sekarang juga akan berubah total. Sebagian besar tim bahkan mulai kebingungan dengan adanya keinginan FIA saat ini. Apakah wajar diberlakukan di pertengahan musim ketika semua tim justru mengembangkan mesin mobilnya untuk itu? Kita tunggu saja keputusan selanjutnya. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa