Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu: Kerusakan Engine Mounting Karena Usia Pakai

Iday - Selasa, 28 Mei 2013 | 16:04 WIB
Daihatsu: Kerusakan Engine Mounting Karena Usia Pakai
Daihatsu: Kerusakan Engine Mounting Karena Usia Pakai

Otomotifnet.com - Sekitar 20 unit Daihatsu Gran Max dan Luxio mengalami permasalahan pada engine mounting sebelah kiri. Menjadi pertanyaan karena terjadi bersamaan ketika di cek di dealer resmi ASCO Daihatsu Fatmawati.

 
Melihat fenomena tersebut, pihak Astra Daihatsu Motor, sebagai pemegang merek mobil-mobil Daihatsu di Indonesia pun tak tinggal diam, dan langsung mencari tau penyebab dari permasalahan pada engine mounting tersebut.
 
Berdasarkan data yang diberikan pihak dealer, mobil-mobil yang mengalami masalah pada engine mounting tersebut berusia sekitar 3 tahun, dan sudah menempuh jarak rata-rata 80 ribu km.
 
"Dasarnya adalah memang sudah usia pakai atau jarak tempuh dari mobil tersebut yang memang sudah waktunya untuk diganti," ujar pernyataan resmi Daihatsu kepada otomotifnet.com.
 
Sebelumnya dijelaskan, usia engine  mounting dalam kondisi jalan normal terbilang cukup panjang, mencapai 100.000 km atau 3 tahun sesuai garansi.  
 
"Ini karena pihak pabrikan sudah menghitung usia pakai tersebut dengan test melalui jalan yang jelek, tapi bukan dalam waktu yang intens. Di bengkel kami sendiri sebagian besar penggantian dikarenakan usia pakainya yang lebih dari 3 tahun," jelas Wahyu Service Advisor ASCO Daihatsu Fatmawati.
 
Akan tetapi, usia pakai engine mounting bisa menjadi lebih pendek disebabkan beberapa hal, terutama kondisi jalan dan cara mengemudi. "Usia pakai engine mounting bisa menjadi lebih pendek jika dipaksa berkendara di jalan jelek atau berlubang," tambahnya.
 
Sementara itu, pihak komunitas Gran Max Luxio Indonesia (Maxxio) yang mengalami masalah tersebut menganalisa, salah satu penyebabnya adalah karena posisi engine mounting sebelah kiri berada di dekat pipa exhaust.
 
"Sehingga terus menerus kena panas, jadi rawan rusak. Makanya paling banyak yang kena masalah sebelah kiri saja," ungkap Yodi, pemilik Daihatsu Gran Max.
 
Belum ada keterangan lanjutan dari Daihatsu. Namun, pekerjaan rumah yang harus dilakukan adalah kenapa gejala masalah pada engine mounting tersebut tidak terdeteksi sejak awal ketika melakukan service rutin?

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa