Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subwoofer Aktif PRaktis Dan Efektif

billy - Rabu, 22 Juni 2011 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Ruang bagasi pada mobil-mobil lansiran terbaru memang dirancang lebih compact. Kondisi ini tidak begitu menguntungkan bagi pemilik yang mengidamkan sistem tata suara kabin, dengan mengandalkan boks subwoofer demi mendongkrak performa suara bass.

Alternatif praktis bisa pakai subwoofer model tipis (slim), atau biasa disebut tipe aktif karena sudah dibekali power amplifier di dalamnya. Pemakaian driver pendongkrak nada low ini, tergolong ringkas dan terbukti efektif buat pemakaian harian.

Alhasil banyak pengagen maupun rumah audio, yang menyediakan subwoofer aktif ini dengan harga bersaing. Seperti gerai Kiki Rotary Motor (KRM) di sentra onderdil Duta Mas Fatmawati, Jaksel, yang menawarkan subwoofer slim dengan diameter konus rata-rata 8 inci.

"Seperti Rodek XS8A yang normalnya Rp 1,9 juta, saya jual hanya Rp 1,1 juta. Adapula merek Bass Warrior seharga Rp 1,4 juta, selama Jakarta Fair (JF) hanya dijual Rp 900 ribu. Kemudian Sony Xplod yang awalnya Rp 1,8 juta, ada paket hemat (pahe) Rp 900 ribu," beber salah seorang staf yang berjaga di stand hall A1, arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakpus.

 Produk lainnya seperti Oxygen, Ultra Drive, Thump, Philips, Audio Bank serta Sony Xplod, merupakan tawaran terbaik dari PT Berkat Anugerah Perkasa Jaya (BAPJ) selaku main distributor-nya.

Semisal subwoofer aktif Oxygen 02-8A dengan harga normal Rp 1,5 juta, dilepas di harag Rp 899 ribu. Ultra Drive UD-8AS seharga Rp 1,962 juta, ditawarkan hanya Rp 1,374 juta.

Sementara Thump TP-69.1S, tersedia paket hemat (pahe) hanya Rp 750 ribu. Untuk Philips CSM-1000, ditawarkan Rp 1 jutaan. Sedangkan Audio Bank AB-69.1A yang awalnya dibanderol Rp 1,25 juta, selama gelaran JF ditawarkan Rp 750 ribu.

"Paket hemat untuk subwoofer aktif MAX 8 inci seharga Rp 1,9 juta, sudah termasuk pemasangan dan tambahan kabel yang dibutuhkan," jelas Andrie wijaya dari Bassindo di Kelapa Gading, Jakut.


Jika ingin kualitas suara bass mendekati settingan SQ (sound quality), bisa lirik tawaran dari Prisma Autosound (PA) atau Cartens Autosounds (CA). Pasalnya kedua rumah audio ini langganan kontes dan piawai meracik tata suara berkualitas.

Menurut Ahong, instalatur PA, pahe yang ditawarkan berupa subwoofer aktif µ-Dimension 8 inci seharga Rp 2,2 juta, sudah berikut ongkos pasang dan pemasangan kabel yang dibutuhkan.

 Sementara Eddy Soesanto, instalatur CA, menawarkan 3 tipe subwoofer slim. Yaitu µ-Dimension Glow8000SW plus kabel RCA dan Instalasi seharga Rp 2,2 juta. Kemudian µ-Dimension Glow10000SW lengkap dengan kabel RCA berikut Instalasi senilai Rp 2,5 juta. Serta subwoofer aktif merek Red Bat, kabel RCA dan Instalasi yang ditawarkan hanya Rp 1,1 juta.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa