Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Vacuum Cleaner Mini, Cocok Buat Bebersih Kabin Mobil

billy - Kamis, 7 April 2011 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Kenyamanan dan kebersihan buat sebuah mobil itu hukumnya wajib. Apalagi bagi warga kota besar, dimana mobil merupakan bagian dari budaya dan jadi kebutuhan primer. Mobil sudah jadi seperti rumah kedua, sebagian besar waktu dan aktivitas dihabiskan dalam mobil.

Untuk itu penyedot debu atau vacuum cleaner yang compact merupakan pilihan paling praktis. Ukurannya kecil, ringan, fitur dan aksesorinya beragam. Salah satu pilihannya antara lain 3 merek berikut, Maximus, Krisbow dan Nilfisk. Mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda? Mari kita bedah dan bandingkan fitur, aksesori dan kemampuan masing-masing produk tersebut.

FITUR
Maximus punya fitur wet and dry. Artinya, bisa menyedot kotoran basah seperti tumpahan susu, kuah makanan atau cipratan tanah becek di lantai mobil. Serta kotoran kering seperti remah-remah atau debu. Cleaner ini bekerja dengan tenaga listrik, daya 400 Watt. Bodinya terbuat dari plastik transparan, jadi bisa langsung terpantau secara visual bila dust container-nya sudah penuh kotoran atau debu.

Krisbow hanya memiliki fitur dry, jadi hanya menyedot kotoran kering. Sumber tenaganya juga listrik. Tapi walaupun dimensinya lebih kecil, dayanya lebih besar, 600 Watt. Krisbow bisa menampung debu sampai 0,5 liter. Kekuatan sedotannya bisa diatur dengan penyetel sedotan di hose extension-nya.

Nilfisk serupa dengan Maximus, memiliki fitur wet and dry cleaner dan cable free. Nilfisk bekerja dengan tenaga baterai, jadi bisa ditenteng kemana saja, di manapun mobil Anda berada. Dan hemat energi, karena seperti charging baterai laptop dengan listrik 12 Volt.

Pengisian baterainya cukup lama, 14-16 jam. Saat terisi penuh bisa bekerja selama 20 menit dengan kapasitas kantong debu sebesar 0,5 liter. Taruh saja saat charging, setelah terisi penuh secara otomatis charger akan menghentikan pengisian. Jadi tak perlu khawatir baterai jadi kembung karena overcharged. Untuk menjangkau sudut-sudut sulit, nozzle bisa ditarik keluar dengan tambahan panjang sekitar 5 cm.

No caption
No credit
No caption

AKSESORI
Meskipun kecil, penyedot-penyedot debu ini multifungsi karena dilengkapi sejumlah aksesori tambahan. Maximus punya dua jenis nozzle atau mulut penyedot dari plastik dan tambahan sikat dari nilon.

Pemakaiannya bisa digabung. Sikat nilon ini mencegah baret saat membersihkan permukaan halus seperti head unit mobil atau monitor. Selain itu, ada aksesori tambahan hose atau slang, sepanjang 1 meter. Ini membantu saat perlu menjangkau bagian-bagian sempit seperti kolong mobil atau di sela pedal-pedal.

Krisbow punya aksesori paling banyak. Selang tambahannya disediakan dalam 2 ukuran, 70 dan 120 cm. Nozzle-nya ada 4 jenis, bisa diatur melengkung atau lurus, nozzle untuk upholsterry seperti jok, sofa atau keyboard, serta nozzle untuk membersihkan lantai atau rumah tangga.

Untuk yang terakhir tersebut, Krisbow punya hose extension berupa gagang atau handel berupa tabung plastik. Jadi compact vacuum ini bisa alih fungsi seperti vakum rumah tangga.

Nilfisk juga dijual satu paket dengan handel untuk membersihkan rumah. Handelnya cukup besar dan kokoh, dilengkapi roda di bagian nozzle untuk lantainya. Jadi tidak terasa berat, tinggal didorong saja saat membersihkan lantai rumah atau garasi. Handle-nya cukup besar dan lebih kokoh dibanding handel Krisbow, tapi bisa dilipat, sehingga penyimpanannya tidak memakan tempat.


ERGONOMI
Nilai ergonomi, kemudahan dan kenyamanan dalam pemakaian mesti jadi pertimbangan saat memilih produk penyedot. Salah satunya berat dan ukurannya. Maximus beratnya 1,85 kg. Karena dimensinya paling kecil, sepanjang 30 cm, Krisbow merupakan penyedot paling ringan. Hanya 1,75 kg dan dibekali tali gendong. Jadi beban tidak terpusat di tangan, tapi terbagi dengan pundak.

Ujung selang tambahannya dilengakapi pegangan, jd lebih mudah mengoperasikan. Nilfisk paling berat, total 3,35 kg (penyedot compact 2 kg, handle 1,35 kg). Compact vacuum-nya cukup berat, karena mesin penyedotnya ada di situ.

Untuk kemudahan perawatan, ketiganya bisa dibilang sama rata. Dust nose atau ujung penyedot debunya mudah dibuka hanya lewat satu tombol. Dan filternya mudah dibersihkan, cukup dengan dicuci di air mengalir saja, keringkan, dan siap dipakai lagi.

HARGA VS VALUE
Maximus dan Krisbow, harganya hanya terpaut Rp 11 ribu. Maximus, Rp 398 ribu dengan fitur kering basah. Sementara Krisbow, Rp 389 ribu dengan banyak aksesori, tapi hanya bisa menyedot kotoran kering. Nilfisk, secara nominal paling tinggi, Rp 1,2 juta.

Mau pilih yang mana? Kalau mobil sangat mudah kotor, punya anak kecil yang mudah menumpahkan makanan, minuman atau kotoran dari tanah becek, Maximus bisa jadi pilihan. Kalau mobilnya ‘priyayi’, dalam arti cukup resik, minus membawa penumpang anak-anak, jarang terkena becek air atau tanah, Krisbow bisa jadi pilihan.

Terutama buat lady driver, apalagi ukurannya kecil dan ringan. Meski lebih kecil, kekuatan sedotan Krisbow lebih tinggi dibanding Maximus yang sama-sama memakai sumber tenaga listrik. Tapi daya listrik yang dibutuhkannya juga lebih besar, 600 Watt.

Bagaimana dengan Nilfisk? Penyedot bikinan Denmark ini bisa jadi pilihan untuk mereka yang mempertimbangkan nilai-nilai diatas kepraktisan, seperti hemat energi. Mahal, tapi fitur lengkap basah dan kering, bisa digunakan untuk rumah tangga dan tak perlu khawatir dengan lonjakan tenaga listrik di rumah Anda. Tegangan listrik yang diperlukan saat nge-charge hanya 12 Volt, serupa dengan laptop.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa