Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

London Siap Jadi Kota Mobil Listrik, Jakarta Kapan Ya?

billy - Rabu, 10 November 2010 | 13:56 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kalau Jakarta masih sibuk mengurusi tata kotanya dari ancaman kemacetan akut dan banjir. London malah sudah bersiap untuk menjadi kotanya mobil listrik. Walikotanya Boris Johnson sudah mengumumkan rencana ini.

London sebagai kotanya mobil listrik akan dimulai dengan pemasangan tempat-tempat pengisian listrik sebanyak 1.300 titik. Jaringan pengisian listrik yang disebut Source London ini, kata Boris, harus sudah jadi di tahun 2013.

Penempatan 1.300 tempat pengisian listrik tersebut merupakan bagian dari target 25.000 titik tempat pengisian listrik yang dicanangkan Boris di tahun 2015.

"Sudah ada lebih banyak mobil listrik di London, daripada tempat lain di Inggris, tapi kita sekarang memasuki periode yang sangat menarik di dunia otomotif listrik," ujar Boris.

Beberapa produsen besar sedang bersiap-siap untuk mulai memasarkan mobil listrik yang lebih terjangkau dan lebih praktis dalam beberapa tahun ke depan. Jadi, dengan biaya bahan bakar minyak konvensional yang semakin meningkat, ini merupakan sebuah pilihan yang menarik.

"Dengan memilih mobil listrik dalam jumlah yang lebih besar, London juga akan membantu mengurangi tingkat polusi dan meningkatkan kualitas hidup kota," tambah Boris.

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan sebuah "single visual identity", yang terbuka untuk semua pengendara dengan biaya keanggotaan tidak lebih dari 100 euro atau Rp 1,2 jutaan pertahun, bahkan bila dibagi dalam biaya perbulan hanya Rp 100 ribuan saja.

Skema ini akan resmi diluncurkan pada musim semi tahun 2011. Skema ini juga terbuka untuk kota-kota lain selain London yang berniat mengaplikasikan sistem yang sama.

"Kami menyadari bahwa bagi banyak orang mobil adalah alat penting yang bukan sekedar barang mewah, dan itulah sebabnya kami memprioritaskan pengeluaran untuk membuat Inggris pemimpin dunia dalam mobil rendah emisi," tambah Transport Secretary, Philip Hammond.

Jakarta kapan ya?

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa