Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tipe Ban 2012, Bikin Edwards Kehilangan 1,5 Detik Per Lap

billy - Minggu, 19 Februari 2012 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Ketika melakukan sesi tes privat pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol akhir tahun 2011 lalu, Colin Edwards mengalami masalah pada sistem kelistrikan yang digunakannya. Setelah Bosch melakukan konfigurasi dan perbaikan fungsi sistem kelistrikan pada motor Suter-BMW milik Edwards, motor tersebut pun lebih nyaman dari sisi kelistrikan.

Tapi masalah lain justru muncul, yaitu motor jadi lebih bergetar. Edwards menilai bahwa sistem konfigurasi fungsi kelistrikan di motor, bukan penyebab masalah getar yang dirasakannya. Namun getar tersebut disebabkan ban Bridgestone.

“Sesi tes di Jerez lalu, kami memiliki masalah utama pada sistem kelistrikan yang sekarang sudah bisa terselesaikan. Sekarang saya lebih nyaman dimana motor lebih lembut dan penyaluran tenaga lebih presisi,” ungkap Colin Edwards.

“Sekarang yang jadi masalah adalah penggunaan ban Bridgestone tipe 2012. Di Jerez kami tidak mempunyai problem getar, tapi di Sepang, getaran ini semakin memburuk. Bahkan jadi yang terburuk dalam sejarah karirku. Mungkin jika masalah tersebut tidak terjadi, saya tidak akan kehilangan 1,5 detik per lap,” tegas Edwards.

Anggapan Edwards mungkin perlu diperhatikan oleh tim NGM Forward Racing dan Suter sebagai pemasok rangka untuk tim. Mereka harus mencari setting tepat agar sesuai dengan karakter ban Bridgestone 2012. Namun Bridgestone juga harus mempelajari bagaimana karakter ban yang sesuai dengan motor CRT (Claiming Rule Team). Setidaknya Bridgestone juga punya andil untuk membuat motor CRT bisa mendekati lap tercepat motor prototipe. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa