Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Sepakati Regulasi Baru Untuk F1

billy - Senin, 13 Desember 2010 | 09:13 WIB
No caption
No credit
No caption


Monako - Beberapa kontroversi regulasi yang dibuat oleh FIA dimusim-musim sebelumnya, akan kembali diganti dengan regulasi baru. Hal ini dilakukan seiring dengan disepakatinya ajuan beberapa regulasi baru untuk F1 di Monako pekan lalu. Termasuk pengurangan kapasitas mesin, yaitu dari 2,4 Liter menjadi 1,6 Liter untuk musim 2013 mendatang.

Tentunya ini menjadi kontribusi terbesar dari ajang balap sekelas F1, untuk menggunakan mesin balap yang lebih ramah terhadap lingkungan. Bahkan FIA dan World Motor Sport Council (WMSC) tidak hanya membahas regulasi untuk musim 2013 mendatang, namun juga beberapa perubahan regulasi untuk musim 2011 mendatang.

Untuk regulasi pengurangan kapasitas mesin dari 2,4 liter menjadi 1,6 liter, juga akan mengurangi jumlah silinder, dari 8 silinder menjadi 4 silinder. Dan pastinya mengaplikasikan sistem injeksi. Putaran mesin pun akan dibatasi menjadi 12.000 RPM, yang diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar tiap balapan sebesar 35 persen.

Namun FIA juga akan memberlakukan untuk penggunaan KERS, agar power unit dan kelistrikan tetap terjaga di level yang dibutuhkan oleh mesin. Hal lain yang diatur oleh FIA adalah perilaku pembalap di pit lane dan kemungkinan instruksi kepada pembalap untuk melewati safety car.

Penggunaan mesin juga akan dibatasi hanya 5 mesin per musimnya untuk satu pembalap mulai 2013. Kemudian tahun berikutnya akan dikurangi lagi menjadi 4 mesin per musim. Sementara untuk penggunaan girboks yang biasanya hanya digunakan sebanyak 4 seri, tahun 2011 mendatang sudah harus bisa digunakan minimal selama 5 seri.

Sementara untuk regulasi musim 2011 yang paling signifikan adalah penggunaan kembali sayap belakang fleksibel. Agar memungkinkan salip-menyalip di lintasan kembali terlihat. Begitu juga dengan team order yang selama ini dilarang, mulai musim 2011 mendatang, akan dicabut.

Regulasi lengkap bakal disusun secepatnya. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa