Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Pembobolan ATM, Waspada Di ATM Drive Thru

Editor - Kamis, 28 Januari 2010 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Beroperasi 24 jam dan praktis. namun lebih baik ada petugas keamanan

OTOMOTIFNET - Sudah hampir seminggu ini  kabar bobolnya dana ratusan nasabah via ATM(Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri) bank membuat kita  deg-degan.

Beberapa bank, seperti yang dirilis beberapa surat kabar,   dengan masing-masing korbannya 200 nasabah BCA dengan kerugian Rp 5 miliar, 19 nasabah BNI total Rp 200 juta,  3 nasabah BRI dengan dana Rp 48,5 juta.

Lantas  bagaimana otomania menyikapinya? “Sebaiknya waspada terhadap  kondisi di area ATM,   termasuk yang model drive thru!” terang Ruby Alamsyah,  konsultan IT di PT. Jaringan Nusantara yang juga pakar forensik digital ini.

ATM drive thru sendiri memang sangat nyaman buat otomania.  Maklum, posisinya sangat praktis, bisa bertransaksi dengan cepat dan tanpa perlu turun dari mobil.

Di Jakarta cukup banyak ATM model ini. Misalnya di daerah Kelapa Gading, Jakut ada 2 buah. di kawasan Jl. Casablanca, Jaksel, di area Sudirman Central Business Distric(SCBD) Jaksel, di kawasan Puri Indah, Jakbar, Kawasan Bintaro dan beberapa tempat lain. Sementara di Bandung , Jabar misalnya tercatat ada 3  unit yang beroperasi.

Menurut Ruby yang anggota  High Technology Crime Investigation Association(HTCIA), ATM drive thru rawan digarap penjahat seperti layaknya ATM biasa. “ Nasabah pada mesin ini cenderung buru-buru dan tidak memperhatikan detail mesin ATM. Karena itu cenderung tidak waspada dengan camera pengintai ataupun skimmer yang mungkin terpasang pada mesin ATM,” tambah Timotius Witono, pemerhati keamanan jaringan dan Ketua Lab. Komputer Fakultas IT Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jakbar.

 Misalnya  dengan menempelkan  alat skimmer yang membaca data  lewat magnetic stripe  di kartu ATM  Anda. Alat ini pada kejadian yang terungkap dibeberapa website, sengaja dirancang menyerupai  mulut ATM yang asli. Sehingga tanpa sadar otomania memasukan kartu dan bertansaksi normal. Padahal skimmer ini sudah mencontek data  di kartu untuk selanjutnya dicopy ke kartu kosong. Plus dibantu kamera spy yang merekam jari Anda saat menekan PIN(Personal Identification Number). “Lama kerja alat ini bisa 8 jam dengan baterai dan memory tambahan,” tambah Ruby.

No caption
No credit
No caption

Jari tangan tak bisa menutupi keypad.Pin rawan di intip

Selain di mulut ATM, skimmer bisa juga berapa keypad. biasanya di tempel namun tidak rapi

Nah pada ATM drive thru, kesempatan merekam jauh lebih luas karena jari tangan tidak menutup sempurna keypad ATM.  Pelaku pembobolan ATM, suatu saat juga lebih suka membobol nasabah drive thru. Secara psikologis orang bermobil diyakini lebih punya saldo tabungan lebih banyak dibanding nasabah biasa.

“Kasus ATM  drive thru banyak terjadi di luar negri makanya  tetap waspada dan memperhatikan kondisi mesinnya,” tambah Ruby.  Selain itu kalau bisa pilih ATM drive thru yang ada petugas keamanan.  Jangan lupa, hindarkan pengintipan PIN oleh orang lain yang ada di mobil Anda.

Penulis/Foto: SS, Bil / F.Yosi, Dok.Otomotif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa