Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Saklar Klakson, Usir Ngadat Kembali Nyaring

Otomotifnet - Kamis, 27 Agustus 2015 | 13:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Sesuai fungsinya, klakson mengeluarkan suara untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain agar waspada. Karena sangat penting, jangan sampai gak berfungsi bro! Jangan sampai seperti yang dialami Erik, pemilik Yamaha Byson keluaran 2013.

“Kemarin pas mau nyalip mobil, klakson gak ada suaranya. Biar tetap safety, akhirnya gak jadi disalip deh,” cerita pria ramah ini yang langsung mampir ke bengkel langganannya Ken’z Motor di daerah Duri Kepa, Kedoya, Jakbar.

Setelah dianalisa, kejadian tersebut disebabkan saklar klakson yang kotor akibat debu menempel pada konektor. “Setelah cuci motor air menyelinap masuk ke saklar dan menempel di konektor saklar. Makanya, saklar suka ngadat. Kadang bisa kadang enggak,” jelas Supriyadi, mekanik Ken’z Motor.

Nah, biar riding aman dan saklar gak ngadat, yuk dibersihin! Caranya, gampang dan bisa dikerjakan sendiri. Cukup sediakan obeng kembang, amplas dan cairan penghilang karat atau penetran,” sambung Choky, sapaan akrabnya.

Kejadian seperti ini bisa terjadi pada motor apa saja, jadi bongkar! (otomotifnet.com)
Ken’z Motor : 0822-13698018

 

No caption
No credit
No caption

1. Gunakan obeng kembang untuk membuka panel saklar sebelah kiri dan keluarkan tombol klakson. Hati-hati saat melepasnya, per saklar bisa lompat!

No caption
No credit
No caption

2. Dilanjutkan melepas konektor tombol dan bersihkan dengan amplas. Tapi, digosok dengan perlahan ya

No caption
No credit
No caption

3. Kalau sudah, bisa dicoba dahulu kinerja tombol tersebut. Jika masih ngadat, bersihkan kembali

4. Bila sudah bekerja dengan baik, pasang kembali per konektor ke dudukannya dan rakit semua peranti tersebut dengan cara kebalikan dari membuka. Selesai, deh! Tiin… Tiin…


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa