Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Daihatsu Xenia 1.3 R Sporty A/T, Bikin Deg-Degan di Trek Nanjak

Otomotifnet - Rabu, 22 April 2015 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Boleh jujur kan? Dari saat diluncurkan beberapa tahun lalu, ini kali pertama merasakan performa, ketangguhan dan juga kenyamanannya.

Dan All New Xenia 1.3 A/T R Sporty yang bakal menemani menjelajah jalanan dari Jakarta menuju Surabaya, Jatim via pantai utara (pantura) dalam ajang MPV World OTOMOTIF kali ini.

Kabin Lega

Tipe R Sporty itu bukan slogan marketing saja loh. Kalau enggak percaya, tengok bentuk gril yang lebih landai dan menonjol ke depan. Itu juga diperkuat dengan tampilan bumper yang dibuat menyatu dan lebar.

No caption
No credit
No caption

Untung head unit sudah ada GPS, jadi enggak takut kesasar


Pada long trip menuju kota pahlawan tercinta Surabaya, tentunya enggak nyetir sendiri. Keluarga kakak di Depok dengan komposisi suami, istri dan 2 orang anak, ikut memenuhi kabin All New Xenia.

No caption
No credit
No caption

Full Tank 45 liter Pertamax, cukup sampai 500 km


Sebelum berangkat, tangki bahan bakar berkapsitas 45 liter diisi full dulu dengan jenis Pertamax di SPBU Pertamina. “Kalau dikalikan dengan harga Pertamax saat itu yang Rp 8.800/liter, maka kocek yang kudu dirogoh sebelum berangkat Rp 396 ribu. Bisa sampai mana ya nanti?” tanya Bambang R, suami kakak yang ikutan dalam rombongan.

No caption
No credit
No caption

Tempuh ratusan kilometer untuk kumpul keluarga


Jalan tol Cikampek, Jabar jadi tujuan pertama dan dipilih perjalanan malam hari. “All New Xenia ternyata lega dan pas buat perjalanan jauh yang diisi 5 orang, plus beberapa tas pakaian dan oleh-oleh buat eyang Surabaya,” celoteh Reyhan, keponakan yang masih duduk di SMP kelas 1.

No caption
No credit
No caption

Bagasi cukup untuk menampung bawaan 5 orang penumpang


Untung tipe R Sporty ini sudah dilengkapi dengan head unit double DIN berlayar sentuh 7 inci dan bisa memutar file yang formatnya MP3, CD juga DVD. Jadi perjalanan enggak terasa membosankan.

Lepas tol Cikampek, perjalanan menuju Jawa Tengah via pantura yang jalurnya datar, membuat performa mesin berkapasitas 1.298 cc, 4 silinder dan 16 katup VVT-i enggak menemui tantangan yang berarti. Malah yang dapat tantangan pertama adalah fitur EPS (Electronic Power Steering). Pengemudi tetap bisa lincah memainkan setir, saat kondisi jalanan yang padat.

Jalan tol Palimanan di Cirebon, ternyata jadi tantangan bagi suspensi Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer di depan. Serta 5-link, rigid-axle dengan per keong untuk bagian belakang.

Kondisi jalan tol yang kurang terawat, ternyata membuat kenyamanan penumpang jadi terganggu. Apalagi saat All New Xenia tipe R Sporty itu dipacu pada kecepatan 80 km/jam. Dari kondisi full tank dengan Pertamax, bahan bakar baru diisi kembali di SPBU Pertamina 41.512.01, Batang, Jateng.

Kalau dihitung-hitung, total jarak sampai dengan lokasi tersebut kurang lebih 500 km dan itu artinya pemakaian bahan bakarnya 11 km/liter. Semarang jadi kota berikutnya dengan target kawasan Simpang 5, untuk bisa membeli oleh-oleh di Jl. Padanaran.

Beruntung head unit juga sudah dilengkapi GPS. Jadi enggak perlu kesasar untuk mencari jalan menuju lokasi oleh-oleh dan keluar Semarang. Kurang lebih setelah melakukan perjalanan selama 20 jam, All New Xenia 1.3 A/T R Sporty berhasil membawa kami ke Surabaya. Dan beberapa hari menikmati Surabaya, sebelum memutuskan untuk kembali lagi ke Jakarta.

Sepertinya kalau jalanan yang datar dan menikung, itu kurang menantang bagi performa MPV yang sekarang banderolnya Rp 203,250 juta. Maka perjalanan pulang, mengambil jalur selatan via Temanggung yang treknya menanjak.

Tuas perneling otomatis di trek tersebut, terpaksa hanya diposisikan angka 2, bahkan beberapa kali harus mundur ke L. Kalau enggak seperti itu, rasanya torsi mesin enggak dapat untuk menanjak di trek Temanggung menuju Solo.

Rasanya lengkap sudah jajal perjalanan Jakarta-Surabaya-Jakarta dengan All New Xenia 1.3 A/T R Sporty kali ini. Bisa merasakan mulai trek datar, bergelombang, banyak tikungan sampai menanjak agak ekstrem yang sempat bikin deg-degan. • (otmotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa