Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Agya Furious, Terinspirasi Aliran Rocket Bunny

Rabu, 1 Oktober 2014 | 16:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Acara IIMS 2014 tak hanya jadi ajang pameran mobil terbaru, tapi juga unjuk diri tim product planning atau riset & pengembangan. Seperti pada booth Toyota, terdapat modifikasi Agya yang tampil mencolok. "Itu salah satu keinginan manajemen. Kita harus membuat mobil yang terlihat sangat berbeda," sebut Donny Adhi Yuwono, Department Head Model Life Improvement Department Product Planning & Development Division PT Toyota-Astra Motor (TAM).

No caption
No credit
No caption

 
Sirip membuat kap mesin tampil menarik

Tema yang diambil yakni street racing. "Konsep ini sangat menarik. Karena mobil terlihat berbeda tapi tidak sampai merusak tampilan seutuhnya. Bentuk aslinya masih bisa dikenali," ucap Mifta Farid Sah Putra, Officer-Styling Design Section Model Life Improvement Department Product Planning & Development Division PT TAM. Mifta, merupakan salah satu 4 desainer muda PT TAM yang mengerjakan Agya Furious ini.

No caption
No credit
No caption

 
Tonjolan fender ini yang membuat tampilan Agya lebih keren

Modifikasi utama dan sangat terlihat yakni tonjolan yang ada di fender. Menggunakan bahan fiberglass untuk membentuk fender tambahan tersebut. Aksen tambahan tersebut justru diperkuat dengan adanya ‘paku' berkelir hitam. "Itu semua hanya hiasan saja. Kita tidak sampai membolongi bodi untuk menempelkannya," tambah lulusan fakultas desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Nah, supaya aksen street racing semakin kuat, ban juga harus dibikin keluar, menyesuaikan lebar fender. "Kalau tidak dibikin keluar, justru terlihat aneh," imbuh Donny.


Body kit sudah terpasang melingkari seluruh badan. Hasilnya mobil jadi lebih ceper

Menyiasati tampilan itu, harus ditambahkan spacer setebal 4 cm. Maklum saja karena sistem suspensi dan kaki-kaki masih standar pabrik. Tak mungkin keluar kalau tidak ditambah ‘organ tubuh’.

Bagi sebagian orang yang kenal dengan modifikasi akan menyebut kalau modifikasi ini terinspirasi dari aliran modifikasi Rocket Bunny yang kini sedang digandrungi. Baik Donny dan Mifta menyebut kalau hal tersebut benar, namun dengan sentuhan Indonesia.

Inspirasi memang bisa dari mana saja. • (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa