Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Bekas Scorpio Jawa & Bali, Jarang Beredar!

billy - Minggu, 27 November 2011 | 12:54 WIB
Motor Bekas Scorpio Jawa & Bali, Jarang Beredar!
Dok.Motor Plus
Motor Bekas Scorpio Jawa & Bali, Jarang Beredar!

Motor Bekas Scorpio Jawa & Bali, Jarang Beredar!
Dok.Motor Plus
Motor Bekas Scorpio Jawa & Bali, Jarang Beredar!

Pasar motor sport Yamaha Scorpio memang tidak begitu besar. Ini bisa dipantau dari beberapa showroom motkas alias motor bekas bin seken yang tersebar di beberapa daerah.
 
Seperti Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar dan Jakarta. Pangsa pasar motor sport 225cc ini anak muda atau bapak muda yang ingin tampil beda.

Karena itu, ketersediaan motor sport ini cukup sulit dideteksi. Misal, di Bandung, dari 10 dealer yang disambangi hanya 2 dealer yang menyediakan unit. “Kita sulit memperolehnya dari penjual,” ungkap Deden, Manager Marketing Anugrah Motor dari Jl. AH. Nasution, No. 217, Bandung, Jawa Barat.

Begitu juga diungkapkan Ade Sadikin punggawa Berkah Motor dari Jl. Soekarno Hatta, No. 119, Bandung, Jabar. “Biasanya, pemilik melakukan jual beli langsung ke peminat,” jelas pria ramah ini.

Di pasaran motkas, Scorpio memang langka. Harga jualnya terbilang unik. “Sebagian dimodifikasi trail karena memiliki power besar,” tambah Deden lagi.

Juga begitu di Denpasar. Tidak menemukan satu gerai menjual seken motor pengganti RX-King 2-tak ini.

 
“Barangnya memang tidak ada. Kami biasa menjual matik,” jelas Anang dari Motor Mas di Denpasar, Bali.

Untuk Semarang, Jawa Tengah keberadaan Scorpio masih bisa dilacak. Namun peminat memang kecil. Alasannya. “Bodi dan mesin besar. Untuk sport secara umum tidak begitu bagus pasarannya,” kata Kasmani, punggawa Kabool Motor di Jl. Raya Pakintelan, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah

Sama seperti di Jogja. Di wilayah ini Scorpio sangat susah didapat. Tidak semua gerai mot kas memiliki stok Scorpio.

 
Namun di gerai motkas yang besar, masih dapat ditemui. Seperti di gerai Graha Ryan Motor yang buka di Jl. Raya Magelang, No.257, Sleman, Jogja. “Bahkan digerai kami ini diberikan garansi mesin selama tiga bulan,” papar Juan, Kepala Marketing Graha Ryan Motor.

Khusus leasing, uang muka sebesar 40-50 persen. “Besarnya angsuran dan lama kredit disesuaikan dengan lama masa peminjaman. Syarat dan proses cepat dan mudah,” pasti Juan.

Hal serupa terjadi di gerai motkas Monjali Motor. karena susah didapat harga Scorpio otomatis jadi sedikit lebih mahal.

 
“Motor sport memang lagi banyak permintaan dan pasarnya lagi bagus. Khusus Yamaha Scorpio kami tidak memiliki stok. Sebab susah carinya dan jarang orang mau jual motornya,” tegas Sunandar selaku pemilik gerai.

Di gerai Larisma Motor juga tidak banyak nyetok motor bergenre sport. Bahkan 80 persen bebek dan matik. Untuk Scorpio, pihak Larisma Motor tidak menyediakan unitnya. Hal ini dikarenakan memang susah cari sekennya.

Lain lagi Surabaya. Scorpio kebanyakan dicari pengendara hobi.

 
“Dari sekian pembeli, sebanyak 30 persen merupakan penyuka turing. Harga cenderung stabil dan belum ada kenaikan,” papar Sopyan, pemilik UD SAS Motor dari Jl. Barata Jaya, 19/5, Surabaya, Jawa Timur.

Saat mendatangi gerai Bintang Motor di Jakarta Barat, unit Scorpio ada. “Jumlahnya memang sedikit. Penjualan nggak seperti matik atau bebek,” bilang Zainudin punggawa Bintang Motor.

 

DAFTAR HARGA          
TAHUN BDG SMG  SBY  JOG  JKT
2002 Rp 8,5 Rp 9 Rp 8 Rp 11 Rp 8
2003 Rp 9 Rp 10 Rp 9 Rp 12 Rp 8,7
2004 Rp 10 Rp 11,5 Rp 10,5 Rp 13,5 Rp 10
2005 Rp 11 Rp 12,5 Rp 12 Rp 14,2 Rp 11,2
2006 Rp 12 Rp 14 Rp 13 Rp 15,7 Rp 13
2007 Rp 13,5 Rp 15 Rp 14 Rp 16,5 Rp 14
2008 Rp 15 Rp 16 Rp 15 Rp 17,5 Rp 15,5
2009 Rp 16 Rp 17 Rp 17,5 Rp 19 Rp 17
2010 Rp 18 Rp 19 Rp 20 Rp 21 Rp 20
(*) Harga diambil dari beberapa showroom motor bekas di Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja dan Semarang. Sedangkan Bali tidak memiliki harga pasaran. Harga dalam jutaan rupiah

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa