Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Antisipasi Perjalanan Mudik Saat Pancaroba

billy - Jumat, 26 Agustus 2011 | 12:22 WIB
No caption
No credit
No caption


Persiapan menyesuaikan kondisi
Di prediksi cuaca pancaroba bakal dihadapi pemudik Lebaran 1432 H. Dalam laporan yang diliris oleh BMKG disebutkan bahwa awal September akan memasuki awal musim penghujan. Dengan begitu, pemudik yang berangkat mudik Lebaran pada akhir Agustus nanti masih akan menikmati panasnya matahari. Sebaliknya, ketika balik setelah libur panjang Lebaran, diperkirakan pemudik akan disertai hujan ringan.

“Dengan kondisi pancaroba itu, persiapan untuk mudik Lebaran kali ini sangat istimewa. Perlu sedikit menambah perbekalan antisipasi hujan di awal September yang sudah masuk musim balik,” kata Made Surya, instruktur safety riding Astra Honda Motor.

Made menambahkan untuk menghadapi situasi itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemudik. “Pilih tas punggung yang memiliki cover anti hujan,” pesan Made mengingatkan.

Sekarang ini, semakin banyak tas yang memiliki cover yang berguna untuk melindungi daleman tas ketika hujan. “Penggunaan raincoat saja tidak bisa melindungi bagpack dari hujan,” urai Made yang plontos itu lagi.

Penggunaan tas plastik kresek tidak dianjurkan, walau untuk sementara dapat menahan derasnya hujan. Namun tidak efektif menahan masuknya air ke dalam tas. “Barang rentan air bisa dibungkus plastik kresek. Seperti ponsel,” tambahnya.

Cek kembali kondisi raincoat, apakah masih bisa melindungi dari hujan atau malah sudah bocor. “Memilih raincoat tidak hanya pas di ukuran, tentunya juga memperhatikan pilihan warna. Warna cerah akan memudahkan pengendara lain memperhatikan laju motor dan juga membuat lebih waspada,” papar Made Surya.

Tidak kalah penting, pelindung kepala. Selain sebagai alat keselamatan pertama ketika terjadi benturan keras, helm pun harus mampu menghilangkan kabut pada visor. “Pilih kaca helm yang bening dan antifog. Sekarang ini banyak tersedia di pasaran helm yang sudah menawarkan tambahan anti kabut ini,” yakin Made.

Made menambahkan, persiapan ini jangan sampai menambah bobot barang bawaan. Sebab, perlengkapan standar tadi merupakan peranti yang harus dimiliki pengendara.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa