Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Audio Mobil, Agar Tetap Nyaman Selama Mudik

Editor - Kamis, 9 September 2010 | 08:54 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Ketika nyetir mobil sendirian, tentunya Anda bisa memaksimalkan tata suara kabin sesuai keinginan. Dengan menerapkan settingan khusus yang identik dengan beragam komponen tambahan macam speaker, subwoofer plus pemakaian power amplifier.

Tapi sebaiknya jangan terapkan idealisme semacam ini jika keperluan mobil buat diandalkan mudik. Pasalnya beragam peranti pendongkrak performa suara tadi, enggak bakal berdampak optimal di telinga dengan kondisi kabin penuh penumpang dan barang.

No caption
No credit
No caption




No caption
No credit
No caption

Power amplifier dan subwoofer tak banyak mendongkrak suara dalam kondisi kabin penuh sesak
No caption
No credit
No caption

Bisa manfaatkan settingan bawaan parameter equalizer pada head unit standar


Subwoofer aktif model slim cukup membantu mendongkrak dentuman bass tanpa perlu menyita banyak ruang di kabin

Untuk itu kembalikan sistem ala kadarnya, dalam hal ini tanpa menurunkan kualitas musikalitas kabin sesuai selera Anda yang sudah kadung menyukai sound quality.

Saran dari beberapa instalatur car audio profesional, idealnya memaksimalkan fitur setting audio yang sudah tersedia pada head unit (HU). Seperti anjuran Edy Susanto dari gerai Cartens Car Audio di pusat onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel.

"Manfaatkan efek dari fitur parametric equalizer, diimbangi dengan menyesuaikan level treble dan bass, supaya warna suara high dan rendah keluar dengan imbang," jelas Edy.

Apalagi yang mesti diatur ulang biar tak merepotkan di jalan? Sebaiknya simpan settingan yang sudah dibuat sesuai keinginan ke dalam memori HU.

Opsi ini sebenarnya tersedia pada HU bawaan mobil, dengan menaruh settingan custom Anda pada beberapa opsi, mulai memori 1 sampai 3 atau lebih sesuai tipe dari HU-nya.

Kalau enggak mau repot, equalizer bisa memanfaatkan settingan bawaan HU (pop, klasik, standar, dst), lalu ubah sedikit level band sesuai selera kuping Anda untuk mendapatkan sound optimal.

Jika sudah kadung pakai speaker split, bisa ganti HU dengan tipe Mosfet yang umumnya sudah dibekali power amplifier internal. Sehingga tak menurunkan kualitas suara secara drastis

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa