Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agar Mudik Aman, Pasang Ban Baru di Bagian Belakang!

Editor - Rabu, 8 September 2010 | 10:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Ban pegang peranan penting kala mudik. Apa saja sih yang mesti dicek sebelum pergi mudik. "Paling gampang sih cek indikator TWI di dinding ban, tarik garis lurus, dan lihat tonjolan pada got ban (Gbr.1)," jelas Adang Apandi, product technical manager PT. Gajah Tunggal Tbk. Tonjolan setinggi 1,6 mm ini berfungsi sebagai penanda ta[pk sudah tipis.

Nah, kalau ganti ban tapi budget habis buat oleh-oleh mudik, bisa juga ganti ban 2 buah terlebih dahulu. Tapi jangan habis pasang ban terus ngebut.

"Ban baru punya kandungan silikon yang membuat ban licin. Jadi perlu proses breaking-in supaya lapisan silikon tersebut habis dan grip ban maksimal (Gbr.2)," terang Adang lagi. Prosesnya enggak ribet kok, cukup jalankan saja secara normal sekitar 300 km.

O iya, usahakan ban yang baru dipasang di bagian belakang. Prinsipnya sih masih demi safety. Misal pada kondisi pengereman, karena sudah mencapai grip maksimal, maka grip di ban depan semakin terbantu karena beban mobil yang pindah ke sisi depan. "Ketika hujan pun, pembuangan air ban belakang akan maksimal karena sebagian besar air sudah terbuang oleh alur ban depan yang masih bagus," lanjut pria asli Bandung, Jabar ini.

No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Gbr 3

"Perhatikan juga cara mengencangkan baut ban secara silang supaya ban benar-benar menempel rapat dengan teromol (Gbr.3)," ulas Bambang Setyono, operation manager bengkel spesialis spooring Nawilis, Jaksel

Penulis/Foto: Rio / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa