Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Recycle Barang Bekas Pabrik, CSR Unik Dari Mitsubishi

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Barang bekas hasil olahan yang sudah jadi, berupa tas, tempat minum, tempat laptop dan lain sebagainya

OTOMOTIFNET - Industri otomotif di Indonesia khususnya yang memiliki pabrik perakitan, sudah pasti memiliki berbagai barang sisa atau bekas pakai yang sangat sayang untuk dibuang begitu. Dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai ATPM resmi Mitsubishi di Indonesia, melihat hal ini sebagai sebuah peluang agar bisa digunakan kembali. Yaitu mengolah kembali menjadi sebuah hasil kerajinan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Bekerjasama dengan XS Project Group, KTB mulai mengolah sisa bahan tersebut utamanya fabric dan sisa kain jok maupun sisa billboard dan spanduk, menjadi sebuah barang seperti tas, tempat minum dan lain sebagainya.

“Awalnya kegelisahan melihat sisa-sisa produk seperti barang sisa jok dan barang bekas spanduk serta billboard, membuat kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Karena kalau hanya ingin dibuang atau dibakar, pun tidak akan bisa terurai dalam tanah. Makanya peluang untuk mengolah dan menjadikannya sebagai sebuah produk baru, pun lebih berguna,” ungkap Jerry Amran PR Officer KTB.

Sebenarnya bukan hanya barang bekas seperti fabric atau kain penutup jok, bekas spanduk dan billboard saja yang bisa diolah sebagai barang bekas dari industri otomotif. Namun barang bekas seperti sisa baja atau besi-besi rongsokan pun bisa digunakan untuk membuat produk yang lebih berguna.


Tempat ID Card untuk wartawan pun merupakan hasil olahan (kiri), booth XS dipojok booth Mitsubishi (kanan)

Namun pihak KTB merasa masih perlu melakukan pembicaraan lebih jauh, tentang produk yang bisa dihasilkan dari sisa baja atau besi rongsokan. Tentunya agar produk yang dihasilkan nantinya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebenarnya barang industri otomotif yang merupakan barang sisa ataupun barang bekas, bisa diolah menjadi apa saja. Tapi tentunya kita memerlukan rule atau batasan produk apa saja yang bisa dihasilkan dari produk bekas itu. Agar bisa lebih berguna ketika barang hasil olahan sudah jadi,” papar Reza Hasfinanda, General Manager XS Project Group.

Penasaran seperti apa bentuk dan kualitas barang-barang tersebut? Silahkan langsung sambangi booth Mitsubishi di Hall A, areal IIMS Jakarta.

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa