Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Kopling Sentrifugal Skutik, Enak Lebih Keset Dan Mencengkeram?

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
Pilih Kopling Sentrifugal Skutik, Enak Lebih Keset Dan Mencengkeram?
Pilih Kopling Sentrifugal Skutik, Enak Lebih Keset Dan Mencengkeram?

OTOMOTIFNET - Pada skutik, ada beberapa komponen yang menjadi penentu akselerasi. Mulai dari puli, belt, roller, per CVT serta kopling sentrifugal. Nah, peranti terakhir ini, memiliki peran cukup penting untuk membuat skutik bisa melaju.

Ketika mesin menggerakkan puli pengendali alias drive pulley dan kemudian diteruskan oleh driven pulley yang berkordinasi dengan roller dan slider, maka kopling sentrifugal pun ikut berputar, untuk ‘mengikat’ putaran puli tadi ke as roda, sehingga roda berputar.

Untuk keperluan performa yang lebih baik, tiap komponen yang bergerak diusahakan memiliki traksi dan friksi yang baik, agar bisa mengurangi power loss saat tenaga dari mesin tersalurkan.

Maklum dari seratus persen tenaga hingga ke roda pun sudah berkurang beberapa persen. Seperti diungkapkan oleh Ovi Sardjan dalam sebuah kesempatan, dari Khatulistiwa Surya Nusa, yang kerap menguji tenaga mesin dengan dynamometer. “Power loss bisa sampai 30 persen,” ungkapnya saat itu.

Nah, jika dari sistem transmisi saja sudah berkurang, maka seminimal mungkin tak ada pengurangan signifikan lagi. “Dengan kampas sentrifugal aftermarket ini, tenaga mesin bisa lebih tersalurkan, karena kampasnya lebih kesat,” tutur Agus dari Matic Shop, di kawasan Ciledug Raya, Tangerang, Banten.

Apalagi, menurutnya buat mesin skutik yang sudah ditingkatkan performanya perlu peranti seperti ini. Jadi akselerasi lebih cepat tercapai.

“Mau di putaran tengah dan atas tetap enak,” ungkapnya. Tak hanya kampas sentrifugalnya, ada juga komponen lain yang berhubungan.

“Mangkuk kopling juga disesuaikan,” tambahnya.

Clutch housing ini berbeda dibandingkan standar, memiliki ruang hawa lebih banyak dan di dalamnya terdapat bagian yang lebih kasar, agar lebih ngegrip dengan kampas kopling sentrifugalnya.

Daftar Harga  
Kopling Sentrifugal  
Kitaco 600 ribu
RRGS 375 ribu
CLD 350 ribu
NYC 325 ribu
Clutch Housing  
NYC 275 ribu
RRGS 250 ribu
Sumber Matic Shop telp: 021-68835990  

 

Penulis/Foto: Ben / Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa