Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda CB150R StreetFire 2014. Spek Standar Tetap Juara

Otomotifnet - Rabu, 21 Oktober 2015 | 12:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Pada Honda Racing Championship seri Banjarbaru, Kalsel akhir Agustus silam, Honda CB150R StreetFire tunggangan Alpian R dari tim Honda Trio Motor-Plug and Play Performance ini jadi juara di race 2 kelas HRC1. Padahal pakai mesin cadangan yang tergolong standar!

“Karena pada race 1 mesin utama jebol, terpaksa ganti yang dipinjam dari motor harian, untung keburu dan masih bisa menang,” buka M. Taufik Hidayah, mekanik tim asal Banjarmasin ini. Jelang line up di waiting zone motor baru hidup!

Lantaran bukan mesin utama, oprekan tergolong standar tune up. “Lebih banyak standar, ruang bakar hanya naikin kompresi jadi 12,5:1,” terang mekanik yang biasa disapa Upik ini. Caranya dengan papas cylinder head 0,8 mm.

Klep dan kem pun masih bawaan motor, “Hanya celah diperlebar, in jadi 0,20 mm dan ex 0,25 mm, biar saat panas performa tetap prima, karena lapnya banyak,” terang Upik. Saluran masuk dan buang tentu saja diporting dan polishing.

Sebagai pemasok bensin, tetap andalkan injektor standar namun diatur oleh ECU aRacer RC1. Throttle body standar direamer jadi 31 mm dan dikasih velocity stack bikinan mekanik asal Jember, Jatim ini. Lalu biar putaran mesin lebih enteng, magnet dibubut 1,5 mm dan bobotnya sisa 700 gr.

Bagian lain yang dijamah kopling, “Ganti kampas dan per pakai punya Tiger keluaran WRX, karena pernya lebih keras sehingga dorongan lebih kuat,” lanjut mekanik 25 tahun ini. Berikutnya yang disesuaikan dengan sirkuit Lapangan Murjani adalah kaki-kaki.

“Sirkuitnya cukup panjang dan tikungan bervariatif, Alpian minta belakang diperkeras namun rebound selembut mungkin,” ujarnya. Cukup mudah karena pakai suspensi adjustable keluaran RPM, tinggal putar beres! Sementara sokbreker depan mesti modifikasi bagian dalamnya, dengan menambah ganjalan 2 cm lalu pakai oli Mesran B40.

Biar makin stabil dipasang fork brace di kedua tabung. Hasilnya Alpian bisa dengan nyaman melahap tikungan. Kendati mesin nyaris standar, ternyata podium utama masih bisa diraih pembalap bernomor start 34 ini. • (motor.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Pasang fork brace biar makin stabil saat nikung

No caption
No credit
No caption

Knalpot andalkan keluaran WRX, bentuknya cakep ya?

No caption
No credit
No caption

Suspensi belakang RPM, setel tinggal putar

No caption
No credit
No caption

Throttle body direamer dan dikasih velocity stack


Foot step racing custom, nikung makin maksimal

DATA MODIFIKASI:
Ban : FDR MP76 90/80-17
Cakram : PSM
ECU : aRacer RC1
Knalpot : WRX
Kampas kopling : WRX Tiger
Per kopling : WRX Tiger
Sokbreker : RPM Plug and Play
Peformance : 0852-30789107

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa