Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Starlet 1995, Gabungan Eropa dan Jepang

Parwata - Rabu, 4 Mei 2016 | 17:41 WIB
No caption
No credit
No caption

Gi Look ini bisa jadi pilihan kalau GT Look sudah terlalu mainstream

Otomotifnet.com - "Saya memang pengin tampilan yang berbeda, bosan juga euy lihat Starlet kebanyakan tampilannya ala Starlet GT," ujar Yudi Permana, pemilik hatchback favorit sepanjang masa ini. Beruntung ia kenal dengan Sandy, juragan Starlet dari Bandung.

Langsung mobil kesayangan diserahkan untuk dimodifikasi. Tak pakai lama, Sandy langsung memborong segala pernik Starlet Gi yang beredar di Eropa dan Jepang ini.

Mulai dari bumper depan belakang, gril dan head lamp, stop lamp dan garnis belakang sampai jok berhasil didapat. "Namun ada beberapa yang pakai parts GT juga, seperti kap mesinnya," bilang Sandy. Satu persatu semua parts tadi langsung dipasang setelah dicat sewarna bodi.

"Untuk over fender-nya dibuatkan replikanya Gi, karena enggak dapat yang aslinya," tutur pria berkaca mata ini.

Agar tampilan OEM semakin kuat, pelek kaleng standar Corolla Twincam GTi ukuran 14 inci dipasang berikut center caps custom.

"Biarpun pelek kaleng, tapi pelek ini sudah susah loh nyarinya," seru Yudi. Sesuai temanya yaitu Starlet Gi, maka mesin juga di-swap pakai mesin 4E-FE yang merupakan mesinnya Starlet Gi.

Tentu saja dimodifikasi meski sedikit, seperti ganti filter udara Apex'i, koil MSD Blasters dan oil catch tank D1 Spec. "Enak buat harian," tutur pemukim di kawasan Cibiru, Bandung.

Masuk ke interior, jok depan telah diganti jok bawaan Starlet Gi yang lebih sporty bentuknya. Bahkan door trim dan jok belakang juga di-retrim dengan bahan Starlet Gi agar sama.

Untuk spidometer diganti dengan spidometer Starlet GT. Jadi sebenarnya apa bedanya tampilan Starlet Gi Eropa dengan Jepang?

"Kalau Gi versi Eropa, corner lamp-nya bening dan pakai sein fender, Jepang enggak," jelas Sandy. Kenapa pilih Gi Eropa? "Lebih jarang aja dan itu tadi, enggak mainstream, hehehe," kekeh Yudi. Oooo… Gitu toh! 

Data Modifikasi Toyota Starlet 1995

Eksterior: Gril dan headlamp Starlet Gi gen 1, bumper depan belakang Starlet Gi gen 1, sein fender EP82 Euro white, overfender Starlet Gi gen 1 replika, stop lamp Starlet Gi gen 1, garnis belakang Starlet Gi gen 1, kap mesin Starlet GT with reverse air scoop custom

Pelek dan Kaki-kaki: Pelek Corolla Twincam GTi dengan center cap custom 14 inci, ban Michelin 175/75R14, per custom, strutbar OEM EP82

Mesin: Swap 4E-FE, air filter Apex'I, Pivot megarizer voltage, coil MSD Blaster SS, oil catch tank D1 spec

Interior: Jok Starlet Gi retrim, cup holder OEM Starlet, spidometer GT, arm rest OEM Starlet

Plus:

- Ubahan ke Gi EuDM termasuk jarang

Minus:

- Kap mesin Starlet Gi belum didapat

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa