Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabubutips, Yuk Rawat Rantai, Cuci dan Lumasi

Sabtu, 2 Juli 2016 | 13:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Lagi ngabuburit? Atau sedang menyiapkan motor untuk turing mengisi liburan Idul Fitri? Perlu nih melakukan perawatan ringan yaitu perawatan rantai, salah satunya dengan cara setel dan membersihkan rantai.

Yup, masalah klasik penerus daya ke roda ini adalah kotor dan terlalu kendur. Efek buruknya, akselerasi menjadi berat karena menumpuknya kotoran dan timbul bunyi berisik dari rantai yang kering. Kondisi kotor dan kendur juga bisa mempercepat keausannya, wah jadi cepat ganti tuh!

Ya sudah langsung bersihkan saja deh. Cara paling sederhana adalah gunakan sabun colek dan sikat gigi bekas.

“Oleskan sabun colek ke sikat gigi, kemudian sikat sambil memutar ban agar rantai tersikat merata. Lakukan berulang di tiap sisi rantai dan gir sampai kotoran hilang,” jelas Fajar punggawa bengkel FJR di bilangan Bekasi, Jabar.

Jika sudah bersih, jangan lupa untuk melumasinya, sudah banyak sekali yang menjual cairan pelumas khusus rantai. Mereknya ada Yamalube, Motul, Motorex, G-Zox, Fuchs Silkolene, Megacool, Master, Rexco 25 dan banyak lagi.

“Penggunaan oli mesin dan gemuk malah akan membuat kotoran cepat menumpuk kembali di rantai, lebih baik pakai pelumas khusus rantai model semprot,” lanjut pria berpostur kurus sambil mewanti untuk tidak menggunakan oli bekas, gram pada oli bekas justru akan membuat rantai cepat rusak.

Lanjutkan dengan setel kekencangan rantai, caranya dengan melonggarkan mur as roda dan kedua mur pengunci. Kemudian putar kedua mur penyetel rantai sampai ketegangan rantai yang ideal diperoleh.

Saat mengencangkan kembali, pastikan sisi kanan dan kiri tepat sejajar. Biasanya ada garis-garis panduan di dekat as roda.

“Setelnya jangan terlalu kencang karena bisa bikin rantai putus. Pada dasarnya, rantai butuh jarak main apalagi ketika berboncengan atau membawa beban,” wanti Titut Winarto, kepala mekanik AHASS Wahana, Kalimalang, Jaktim.

“Terlalu kendur juga berbahaya karena rantai dapat loncat atau lepas dari gir. Untuk itu setel kekenduran rantai dengan jarak bebas 20 sampai 30 mm, bisa juga sesuaikan dengan petunjuk yang ada di swing arm atau tutup rantai,” tutup Titut. Sudah jelas kan! • (otomotifnet.com / Fariz) 

FJR : 085697309126
Wahana – Kalimalang : 021-862914

No caption
No credit
No caption
Cuci rantai dengan sabun colek dan sikat merata sampai semua kotoran hilang
No caption
No credit
No caption
Putar mur penyetel sampai mendapatan kekencangan rantai yang ideal
No caption
No credit
No caption
Saat mengencangkan, as roda kanan dan kiri harus sejajar supaya ban gak miring saat berjalan. Pastikan dengan mengikuti garis petunjuk di kanan dan kiri
Jarak bebas umumnya 20 sampai 30 mm atau sesuaikan dengan petunjuk yang ada di swing arm

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa