Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabubutips. Pasang Aksesori Tambahan Untuk Turing, Bikin Perjalanan Makin Menyenangkan

Sabtu, 2 Juli 2016 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kondisi motor sudah oke untuk turing? Jika sudah tidak ada kendala boleh lirik beberapa aksesori tambahan untuk turing ini. Tentunya agar perjalanan liburan makin menyenangkan.

“Contohnya saat melakukan perjalanan Jakarta ke Yogyakarta, saya menambahkan top box, bisa dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi tas ransel untuk menyimpan pakaian ganti. Lumayan pundak enggak pegal,” jelas Acho Bule Patauri, pendiri Jakarta Max Owner (JMO).

Aksesori lainnya? Silahkan dipilih. • (otomotifnet.com / Sigit)

 

No caption
No credit
No caption

Windshield

Jangan sampai masuk angin, cegah hempasan angin yang menghantam badan dengan jaket, pelindung dada dan bila perlu pasang windshield yang cukup tinggi.

Memang tidak semua motor cocok dipasangi screen penahan angin ini. Salah satu yang paling ramai ganti windshield adalah Yamaha NMAX dari harga jutaan sampai ratusan ribu ada nih.

Tinggi juga beragam, sebagai contoh aksesori resmi Yamaha dijual Rp 1,2 juta. Sedang produk Geba Leisure Part dijual Rp 650 ribuan. Mau yang lebih murah? Mampir saja ke sentra aksesori, produk lokal ada yang dilepas Rp 300 ribuan. Untuk motor lain seperti skutik atau motor sport sekelas Suzuki Inazuma juga tersedia di pasaran.

 

No caption
No credit
No caption

GPS

Global Positioning System atau yang sering dikenal dengan GPS sebagai navigasi boleh diperhitungkan fungsinya. GPS stand alone sampai yang gratisan dari smartphone bisa digunakan. Makin advance, beberapa aplikasi seperti Google Maps & Waze mampu menawarkan rute tercepat bahkan menghidari kemacetan.

Meski begitu aplikasinya sebaiknya tidak digunakan saat motor sedang melaju. Apalagi kalau menggunakan smartphone. Bisa berbahaya!

No caption
No credit
No caption

Ratchet Tie Down

Atau biasa disebut sebagai tali pengikat barang di motor. Bahannya tali elastis yang cukup kuat untuk mengikat barang-barang kecil seperti jas hujan. Di pasaran dijual Rp 35-85 ribuan.

“Saya enggak terlalu doyan pakai box, ribet saat selap-selip. Lebih suka pakai tali karet ini untuk membawa barang atau ransel berukuran kecil diikat di jok belakang,” jelas Wisnu Adi Saputro, member Jakarta Max Owner (JMO) yang juga sering turing.

No caption
No credit
No caption

Foglamp

Untuk antisipasi jalanan berkabut atau hujan deras, beberapa peturing senior membekali motor mereka dengan foglamp. Sangat membantu visibilitas saat kabut atau turun hujan deras selama perjalanan.

Salah satunya seperti yang ditawarkan BRN Tech di Pejaten, Jakarta selatan. “Pakai merek Cree dipatok Rp 450 sampai 750 ribu sudah termasuk biaya instalasi pemasangan,” beber Anaz Qoribi owner BRN Tech.

No caption
No credit
No caption

Top & Side Box

Untuk sarana penyimpan barang-barang, bagasi motor tentunya tidak bakal cukup. Oleh karena itu, top atau side box layak dilirik. Untuk harga, umumnya dijual Rp 350 sampai 4,5 jutaan tergantung merek.

Beberapa brand ternama seperti Givi dan Shad menyediakan beragam ukuran dan harga. Mau yang bisa memuat banyak barang? Bisa intip Givi keluaran terbaru, tipenya E43 MULEBOX didesain dengan volume 43 liter.

“Luasnya kira-kira setara dengan mampu memasukan dua helm full face sekaligus,” jelas Ismadi Ishak dari GIVI Indonesia.

Dengan braket Heavy Duty, kuat menahan beban hingga 5 kg. Jangan lupa siapkan juga braketnya. Dijual mulai dari Rp Rp 250 ribuan untuk Givi Monorack Mr5, ada juga yang dijual Rp 750 ribuan seperti wingrack2.

Mau yang lebih murah, produk lokal juga bisa diandalkan. Ada juga trik untuk pengguna side box, karena posisinya ada di kanan dan kiri, usahakan distribusi barang bawaan dibuat seimbang kanan dan kiri agar tidak mengganggu handling.

Tank bag

Fungsinya mirip box, cuma bedanya ini berbentuk tas yang ditempel di tangki. Lumayan ampuh untuk meletakan barangbarang kecil seperti dompet, smartphone, kamera atau sekedar bawa powerbank.

Produk Donimoto misalnya dijual Rp 200 sampai 600 ribu. Sedang 7Gear dikisaran Rp 200-650 ribuan. Givi juga punya, dilepas mulai Rp 1,6 juta. Semua umumnya menawarkan keunggulan waterproof.

 

Ihsan Motoshop 08989107358
BRN Tech 085771888901
GEBA 085624124264
Garmin STC 081281101818
GIVI Indonesia 02175882380  

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa