Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Winglet di Motor Harian, Bergaya ala MotoGP

Sabtu, 16 Juli 2016 | 21:00 WIB

Jakarta - Ducati yang susah belok di MotoGP bikin terobosan pasang winglet, aplikasinya makin santer ketika perangkat elektronik di balap jet roda dua ini dibatasi. Efeknya, sayap kecil ini dianggap mampu memberikan down force yang berkontribusi positif pada stabilitas dan traksi ke roda depan.

Efek sampingnya juga ada nih, pecinta MotoGP khususnya di Indonesia banyak yang mengekor.. Winglet dibuat lalu dipasang ke motor-motor sport harian.

Beberapa gerai aksesori mulai banyak yang menjual winglet custom. Ada yang terbuat dari carbon dan ada juga yang terbuat dari bahan serat fiber lalu dicat warna-warni. Untuk carbon tentu saja harga jualnya lebih mahal.

Contohnya, winglet carbon yang dibuat oleh Layz Motor (LM) untuk Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha YZF-R25. Dijual dengan harga Rp 375 ribu. Modelnya keren ditambah dengan penggunaan carbon membuat motor jadi semakin sporti.

Winglet carbon ini, pemasangannya sangat mudah. Untuk Kawasaki Ninja 250 hanya memanfaatkan pakai satu baut. Bisa pakai baut yang sudah ada di bawah headlamp,” jelas Stevel Lay dari LM.

“Sedikit berbeda aplikasi pada Yamaha YZFR25. Dipasang menggunakan dua baut yang diikat di kanan dan kiri lampu bagian bawah,” jelasnya.

Mau pakai fiber? Simak koleksi Chips Bodyworks (CB) di Ciledug, Tangerang. Pilihannya ada winglet untuk All New Honda CBR150R, Yamaha YZF-R15, Yamaha YZF-R25 dan terakhir Kawasaki Ninja 250.

Asyiknya, winglet berbahan fiber ini dijual hanya Rp 200 ribu dan untuk warna bisa disesuaikan dengan warna motor.

Lalu apakah mempengaruhi handling? “Hehe.. enggak lah, ini hanya untuk gaya aja,” beber Mantri dari CB. • (otomotifnet.com / Sigit)

Layz Motor : 08998730024
Chips Bodyworks : 081212783245

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa