Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masuk Gigi Mundur Toyota Sienta Mesti Tarik Cincin

Otomotif R4 - Jumat, 22 Juli 2016 | 09:41 WIB
Toyota Sienta pakai pelek Enkei 17 inci
Ivan Casagrande Momot
Toyota Sienta pakai pelek Enkei 17 inci

Otomotifnet.com - Lihat tuas transmisi Toyota Sienta tipe V yang dipakai otomotifnet.com selama media test drive ke Bandung. Ternyata MPV terbaru Toyota ini dilengkapi girboks 6 percepatan. 

Tapi untuk masuk ke gigi mundur enggak bisa sembarangan, mesti tarik cincin dulu. Loh cincin apakah itu?

Yang pasti proses pindah giginya terasa cepat dan minim lag. Kalau lihat indikator di bagian atas tuas, posisi huruf R yang berarti gigi mundur ada di paling kiri atas. Apa enggak takut salah masuk ke gigi 1 ya?

Hehehe... Tenang saja, untuk berkendara maju, termasuk saat di macet-macetan pengemudi enggak bakal salah masuk ke gigi mundur apabila ingin masuk ke gigi 1. Usah ragu geser tuas hingga mentok ke kiri, lalu seprti biasa geser tuas ke atas untuk masuk ke gigi 1.

Pun begitu selanjutnya, untuk gigi berikutnya sama saja dengan transmisi manual umumnya, hingga ke gigi tertinggi yakni gigi 6.

Yang jadi sedikit pembeda adalah kala ingin mundur. Kalau biasanya posisi gigi mundur ada di paling kanan bawah. Kini butuh proses tambahan untuk masuk ke gigi ini.

Toyota Sienta pakai pelek Enkei 17 inci
Ivan Casagrande Momot
Toyota Sienta pakai pelek Enkei 17 inci
Ada cincin di tuas transmisi Toyota Sienta

Lihat pada bagian tengah tuas, tepatnya di bawahnya bagian yang digenggam tangan. Terdapat cincin berwarna senada dengan tuasnya. Ini lah kunci supaya Sienta bisa mundur. 

Kalau OTOMOTIFNET memegang tuas dengan cara sebagai berikut. Jempol letakkan di bagian atas tuas, lalu jari telunjuk dan tengah diposisikan di sekeliling cincin tersebut.

Tarik cincin ke arah atas, baru setelah itu geser tuas hingga mentok ke kiri, baru ke atas. Nanti akan terasa ada perbedaan jarak, gigi mudur akan tergeser ke kiri lebih jauh.

Sayangnya tak ada indikator di MID atau spidometer, yang menandakan apabila transmisi sudah masuk ke gigi mundur. Selanjutnya kemudikan seperti biasa, lalu parkir Sienta sesuai selera deh. 

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa