Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komponen Lokal Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Harus 100 Persen!

Bagja - Selasa, 2 Agustus 2016 | 16:44 WIB

Karawang - Salah satu syarat program mobil murah LCGC adalah harus mengusung komponen lokal yang tinggi. Nah, dua MPV murah terbaru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini pun ternyata kandungan komponen lokalnya sudah tinggi, yakni 94 persen.

Tapi itu masih dianggap kurang oleh Kementerian Perindustrian. Langsung diucapkan sang menteri, Airlangga Hartanto, dirinya menekankan pabrikan otomotif di Indonesia untuk mendorong peningkatan komponen lokal.

"Ini sudah bagus ya, katanya mencapai 94 persen. Tapi angka segitu kalau dibulatkan ke bawah kan jadi 90 persen. Coba ditambah 2 persen lagi saja, bisa dibulatkan ke atas jadi 100 persen," ujarnya.

Tantangan? Tentu saja. Astra Daihatsu Motor sendiri, yang memproduksi lokal Calya-Sigra di pabrik Daihatsu di Karawang Jawa barat ini sudah bekerjasama dengan 178 perusahaan komponen tingkat 1 dan 890 perusahaan komponen tingkat 2.

"Total semua pemasok kami ada 254 pemasok tingkat 1 dan 1.270 pemasok tingkat 2, kedepan tentu akan terus ditingkatkan," ujar Sudirman MR, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa