Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapkan Rp 714 juta Untuk Rasakan Sensasi 199 dk dan Fitur Canggih BMW S 1000 RR

Dimas Pradopo - Rabu, 17 Agustus 2016 | 14:15 WIB

Tangerang Selatan  - Moge superbike dari BMW Motorrad yang dipajang di GIIAS 2016 ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 199 dk, sedang torsinya 113 Nm. Power to weight ratio-nya makin maksimal setelah ada pengurangan bobot hingga 4 kg jadi 204 kg pada varian versi 2016 ini. Wow! Yuk kita lihat detailnya.

 

Dari sisi mesin empat silinder segarisnya, tenaga 199 dk diperoleh dari desain ruang bakar baru didukung camshaft dan intake valves yang telah dirancang ulang. Knalpotnya juga ada sedikit perbedaan yang membuat suaranya tak hanya merdu tapi juga lebih ringan hingga 3 kg.

Tenang, jangan khawatir mesin ini terlalu liar dan sulit dikendalikan. S 1000 RR sudah memiliki empat riding mode yaitu rain, sport, race, serta pro riding. Kemudian ada juga mode feature; slick dan user yang sudah terintegrasi dengan launch control untuk akselerasi sempurna saat melakukan start. Aktifkan fitur ini, gas sesukanya tanpa khawatir wheelie atau ban belakang spin.

Race ABS (semi-integral) serta Automatic Stability Control (ASC) juga bisa ditemui pada motor ini. Dynamic Traction Control (DTC) yang merupakan satu kesatuan dengan Pro Riding Mode memiliki banking sensor dan sistem kalibrasi yang presisi. Agar ngebut makin menyenangkan, HP Gear Shift Assist Pro disematkan. Fitur standar untuk unit di Indonesia ini semacam quick shifter untuk memudahkan pengendara saat up shift dan down shift tanpa menarik kopling dan mengendurkan gas.

Agar kental nuansa balap, Pit-Lane Speed Limiter dipasang untuk menjaga kecepatan ketika memasuki area pit di sirkuit. Tapi uniknya, meski bergenre superbike, motor ini punya electronic speed control yang lazim dipakai pada motor turing untuk menjaga kecepatan secara konstan.

Berapa harganya? BMW S 1000 RR dibanderol Rp 714 juta (off the road). “Motor ini merupakan salah satu produk yang berlimpah fitur, tenaga besar dengan harga yang kompetitif di segmen premium- superbike,” yakin Karim Rachman, Marketing & PR Manager, BMW Motorrad Indonesia,” ujar Karim Rachman, Marketing & PR Manager, BMW Motorrad Indonesia.

Jika dibandingkan dengan moge superbike lain dari Eropa, motor ini memang jadi pilihan lain selain Ducati Panigale. Jauh lebih murah dari Ducati Panigale R yang dijual Rp 1,8 miliar (off the road) di Indonesia. Namun jika dibandingkan dengan Ducati Panigale 959, S 1000 R lebih mahal meski unggul secara fitur dan teknologi juga output tenaga yang dihasilkan. Sebagai info, Panigale 959 dijual Rp 599 juta (off the road) dan tenaganya hanya 157 dk. (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa