Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencoba Pre-Collision Brake Toyota Prius, Bikin Kaget Sob!

Fransiscus Rosano - Jumat, 2 September 2016 | 07:11 WIB
No caption
No credit
No caption

Shizuoka - Memenuhi undangan Toyota Motors Asia Pacific ke Jepang untuk memulai kampanye keselamatan regionalnya, OTOMOTIFNET.COM juga berkesempatan untuk mencoba langsung fitur-fitur safety anyar milik Toyota, langsung di trek khusus di dalam lingkungan Fuji Speedway.

Pertama, yang dicoba adalah sistem Pre-Collision Brake atau disingkat PCS. Mirip Active City Stop (ACS) pada Ford atau Smart City Brake Support (SCBS) pada Mazda, PCS berfungsi sebagai pengingat maupun asisten yang akan membantu pengemudi untuk mengerem ketika sistem mendeteksi akan terjadi tabrakan.

Sistem PCS ini memanfaatkan kombinasi dari Single-lens Camera di belakang spion tengah, yang dapat mendeteksi objek dan mengenali bentuk, hingga garis putih atau kuning di jalan.

Satu lagi adalah Milimeter-wave Radar yang bersembunyi di balik emblem Toyota di depan, yang berguna untuk mendeteksi kendaraan jauh di depan, bahkan mendeteksi kehadiran pejalan kaki jika bekerja bersama Single-lens Camera.

Kendaraan yang jadi unit uji coba sistem PCS tersebut adalah Toyota Prius generasi keempat, yang sudah dilengkapi setiap fitur dari Toyota Safety Sense atau sederetan fitur safety teranyar dari pabrikan Jepang tersebut.

No caption
No credit
No caption
Ada objek di depan, kami diminta untuk melepas pedal gas namun tidak mengerem, mensimulasikan situasi yang sama ketika pandangan sedang oleng di jalan

Kami diminta untuk menjalankan mobil hybrid tersebut dalam lintasan lurus sepanjang 100 m, dengan sebuah halangan berupa karton yang dibentuk seperti bagian belakang mobil di ujung.

Prius pun digerakkan hingga kecepatan 25 km/jam, kemudian kami diminta untuk melepas injakan pedal gas saat sudah menempuh sekitar 70 m dan tidak menginjak pedal rem.

No caption
No credit
No caption
Sensitivitas PCS dapat diatur agar tidak terlalu sering mengerem mendadak ketika mendeteksi halangan di depan

Ketika tinggal sekitar 15 m ke objek halangan dan kecepatan masih deselerasi di kisaran 20 km/jam, muncul bunyi peringatan ‘bip bip bip’ dan indikator merah besar di MID bertuliskan “BRAKE!”, yang merupakan level pertama dari PCS dinamakan ‘Alert’.

Tetap tidak menginjak rem, mobil langsung mengerem dengan sendirinya ketika jarak ke objek halangan tinggal 10 m lagi, hingga kendaraan berhenti.

Mulanya dari peringatan, jika pengemudi masih tidak mengerem juga, maka PCS akan mengerem mobil dengan sendirinya

Setelah stop, kami diinstuksikan untuk menginjak pedal rem agar mobil tetap berhenti. Tahap ini dinamakan ‘Pre-collision Brake’.

PCS juga memiliki satu tahap lagi yang disebut ‘Pre-collision Brake Assist’, yang sesuai namanya dapat mengasistensi pengemudi untuk memberikan tekanan lebih ke rem. Hal ini bisa terjadi bila ketika terdeteksi tabrakan akan terjadi, pengemudi sudah menginjak pedal rem namun tekanan yang diberikannya belum cukup. (otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa