Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambah Cruise Control

andy - Selasa, 13 September 2016 | 17:54 WIB

Kehadiran fitur cruise control dimaksudkan untuk memanjakan pengemudi ketika melaju konstan. Cara kerja teknologi tersebut memberikan kebebasan untuk mengemudikan mobil kesayangan pada kecepatan tertentu tanpa kaki kanan harus terus menerus menekan pedal gas.

Di Indonesia tak semua mobil baru dilengkapi fitur ini, termasuk All New Pajero Sport dan All New Fortuner yang tak memiliki criuse control sebagai kelengkapan standar. Hal ini berbeda dari kedua Big SUV keluaran Mitsubishi dan Toyota yang dipasarkan di luar negeri.

Tapi jangan khawatir, bukan berarti All New Pajero Sport dan All New Fortuner terbaru yang beredar di Indonesia tidak bisa disematkan fitur ini. “Kini All New Pajero Sport dan All New Fortuner bisa dipasangi cruise control. Kita mendatangkan parts OEM untuk keduanya dari Thailand. Tak perlu ragu karena sifatnya original part, sehingga mestinya tak ada problem khusus dalam pemasangannya,” buka Erik dari workshop Banteng Mas di kawasan Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pemasangan curise control di kedua Big SUV terbaru ini bisa dilakukan dengan mudah, namun ada perbedaan prosedur di antara keduanya. Berikut penjelasan lebih detail dari masing-masing.

Mitsubishi All New Pajero Sport

Bagi pemilik All New Pajero Sport yang ingin masang cruise control, siapkan dana sekitar Rp 2,5 juta. Khusus untuk Big SUV Mitsubishi ini pemasangannya sangat mudah dan cepat, hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit saja.

Mekanismenya dimulai dengan membuka baut yang berada di balik setir bagian bawah dengan obeng kembang (+). Lantas cabut panel kanan setir yang terdapat tombol MID, selanjutnya cabut soket kelistrikan. Pasangkan parts OEM panel setir pengganti yang telah dilengkapi fitur cruise control. Mudah kan?

Eits, tapi tuunggu dulu. Proses pemasangan cruise control belum berakhir sampai di situ. “Untuk All New Pajero Sport dibutuhkan perlakuan khusus. Jika hanya asal pasang parts, fitur ini belum bekerja. Pun begitu lampu indikator cruise control pada panel meter yang belum aktif,” tambah Erik.

Triknya, Pajero Anda harus dibawa ke bengkel resmi Mitsubishi. Authorized workshop Mitsubishi yang bisa didatangi adalah Bumen Redja Abadi yang berada di kawasan Jl. Prof. Dr. Latumenten, Jakarta Barat. “Fungsinya dibawa ke bengkel resmi Mitsubishi adalah untuk initialize ECU. Dengan begitu software ECU akan di-update untuk mengaktifkan cruise control, dan selanjutnya indikator cruise control dan tombol-tombolnya dapat bekerja maksimal,” jelas Erik.

Toyota All New Fortuner

Lain cerita ketika pemilik All New Fortuner ingin melakukan instalasi cruise control di mobilnya. “Pemasangannya sedikit ribet, tapi customer tak perlu membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk initialize ECU,” tegas pria yang sudah menangani pasien sekitar 15 unit Fortuner terbaru ini.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa