Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Bohlam Quartz Glass, Kacanya Lebih Kuat Enggak Mudah Pecah

Sabtu, 24 September 2016 | 11:44 WIB
Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass

Jakarta - Meski harganya lebih mahal, namun aplikasi quartz glass sebagai material kaca bohlam lampu motor diakui punya banyak keunggulan. Wajar jika beberapa merek lampu seperti Philips, Wurth atau Dr.D.Fischer pakai kaca model ini.

“Kaca jenis ini memiliki kemampuan menahan tekanan dan perubahan suhu lebih baik ketimbang kaca biasa,” Andri Wahyu Dewanto Aji, Country Manager Philips Automotive Lighting Indonesia. “Sehingga umur pakai bohlam jauh lebih panjang,” yakinnya.

Untuk membuktikan ucapannya, OTOMOTIF sengaja melakukan pengetesan kekuatan bohlam quartz glass saat harus menerima perubahan suhu dengan sangat drastis. Caranya, sebuah bohlam dengan quartz glass dan bohlam dengan material hard glass dinyalakan bersama.

Kemudian, saat sudah menyala dan panas, ditetesi air. Hanya satu kali tetes saja, bohlam hard glass langsung meledak. Sedang quartz glass bertahan meski sudah empat kali ditetesi air. Agar pecahan kaca tidak bertebaran, OTOMOTIF sengaja menutupi bohlam dengan tutup transparan.

Hard glass punya sifat memuai, sehingga ketika suhu tinggi terkena air, kacanya tidak akan mampu bertahan lama dan bakal langsung pecah. Beda dengan quartz glass yang akan tetap menyala stabil meskipun suhu berubah drastis,” papar Aga Gantina Rahman, Senior Sales Manager PT. Tri Anugerah Surya, Distributor Philips Automotive Lighting di Indonesia.

Selain itu, quartz glass juga memiliki kemampuan UV Block, benefitnya mika lampu enggak mudah menguning karena sinar UV yang terpancar tertahan terlebih dahulu.

“Mika lampu kekuningan bukan karena sering dijemur di bawah matahari, tapi sinar UV juga terpancar dari bohlam itu sendiri,” papar Andri.

Untuk membuktikannya cukup mudah, bohlam quartz glass akan menyala kebiruan saat disorot dengan lampu ultraviolet yang biasa digunakan untuk melakukan pengecekan uang palsu. Cara ini juga bisa digunakan untuk membedakan quartz glass palsu dan asli. Lebih kuat ya! • (Sigit / otomotifnet.com)

Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass
Test bohlam Quartz Glass versus bohlam dengan kaca biasa
Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass
Dipasangi penutup biar saat ditetesi air, pecahan kaca tidak bertebaran
Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass
Bohlam dengan kaca biasa langsung pecah saat ada perubahan suhu drastis
Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass
Bohlam quartz glass akan menyala kebiruan saat disorot dengan lampu ultraviolet yang biasa digunakan untuk melakukan pengecekan uang palsu. Cara ini juga bisa digunakan untuk membedakan quartz glass palsu dan asli
Test Bohlam Quartz Glass
Sigit/otomotifnet
Test Bohlam Quartz Glass
Salah satu yang pakai bohlam Quartz Glass adalah Philips

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa