How to Buy Yamaha New Vixion Advance Seken Tahun 2015, Masih Rp 19 Jutaan

Rabu, 21 September 2016 | 10:59 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bagi Anda yang sedang cari motor kelas sport 150 cc berstatus seken dengan harga terjangkau, kenapa tidak pilih Yamaha New Vixion Advance (NVA). Motor yang merupakan generasi terbaru dari seri keluarga V-ixion ini, walaupun rata-rata umur unitnya saat ini dapat dibilang masih ‘belia’, tapi sudah mulai muncul menghiasi showroom motkas, dan iklan baris di media cetak ataupun situs jual beli online.

Pemegang gelar motor sport 150 pertama yang menggunakan teknologi injeksi ini memang memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan terhadap konsumen, mulai dari desain yang sporti, performa mesin, efisiensi bahan bakar, durabilitas, serta ergonomi yang nyaman . Lima hal tersebut terbukti memikat bagi konsumen Indonesia, terutama anak muda.

Tidak heran masa produksinya saat ini hampir mencapai angka 10 tahun. Tentu, selama rentang waktu tersebut, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsen terus melakukan perbaikan terhadap produk andalannya ini.

No caption
No credit
No caption
 

Nah, pada generasi keempatnya, YIMM berfokus pada pembenahan sektor desain di beberapa bagian bodi, seperti head-lamp, shroud samping, sepatbor, dan skema warna. Hal tersebut dilakukan sebagai jawaban terhadap masukan konsumen terhadap tampilan generasi sebelumnya yang dirasa kurang agresif.

Perubahan signifikan juga dilakukan pada sistem elektrikal, dimana NVA mengadopsi sistem elektrik Direct Current (DC) cerdas, lampu utama baru menyala saat mesin hidup, sehingga beban aki lebih ringan. Dan ada kapasitor, sehingga jika aki drop di bawah 5 volt masih bisa dinyalakan.

Sedangkan pada sektor mesin, resep lama dari mesin berkonfigurasi LC4V masih tetap dipertahankan namun sudah lolos standar emisi Euro3. Untuk PR penyegaran, seperti yang dikatakan di atas, umur motor seken yang masih ‘belia’ memiliki benefit tersendiri.

Menurut penuturan Haikal, Service Advisor dari PT Sumber Mas Motor, bengkel resmi Yamaha di daerah Kalibata, Jakarta Selatan, “Rata-rata untuk V-ixion yang umur pakainya masih di bawah tiga tahun, relatif bebas masalah, itu keuntunganya.”

Pun begitu, bukan berarti umur muda bebas dari masalah, Haikal menambahkan kalau ada juga NVA yang datang ke bengkel ngeluh kalau mesinnya ngelitik. Biasanya masalah itu timbul kalau motor pakai bensin bertimbal alias premium.

Nah, oleh karena itu pria berpostur sedang ini menyarankan agar selalu menggunakan bensin non timbal di mesin injeksi. “Minimal isinya pakai Ron 92,” cetus Haikal.

Terakhir, sekadar info bagi yang serius untuk meminang NVA. Harga pasarannya saat ini berada di kisaran Rp 17 – 19 juta. Seperti biasa, harga tersebut dapat bervariasi, karena harga unit dipengaruhi kondisi dan kelengkapan. • (Bob / otomotifnet.com)

 

Plus:
1. Perawatan mesin mudah
2. Rangka model Deltabox
3. Aftersales service Terjamin

Minus:
1. Sektor kopling rentan masalah
2. Minim fitur baru
3. Suara mesin terdengar kasar

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil meminang New V-Ixion Advance, walaupun usia motor belum terlalu berumur melakukan servis plus pengecekan mesin di bengkel resmi Yamaha menjadi agenda wajib. Selain perawatan servis berkala, mintalah kepada mekanik guna mengecek beberapa komponen lain untuk menentukan tingkat kelayakannya. Sebut saja kampas kopling, bearing roda, bearing komstir. Untuk biaya servis ringan bervariasi di beberapa bengkel resmi, tetapi rata-rata berada di kisaran Rp 50 – 70 ribu.

Spesifikasi Singkat:
Kapasitas Mesin: 150 cc
Konfigurasi Mesin: 1 silinder, 4 klep SOHC
Transmisi: M/T, 5 percepatan

Harga Komponen:
Kampas kopling Rp 364.000
Lifter Assy Rp 237.000
Rantai Keteng Rp 81.000
Filter oli Rp 27.000
Filter udara Rp 37.000
Kampas rem depan Rp 55.000
Kampas rem belakang Rp 60.000

Sumber: Yamaha Kalibata (PT Sumber Mas Motor),
Jl. Raya Pasar Minggu No.11, Kalibata, Jaksel,(021)-7974259


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa