Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selain Halo Hadir Lagi Pelindung Driver F1

toncil - Kamis, 22 September 2016 | 16:29 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Mobil-mobil F1 dijuluki sebagai jet darat. Ini karena kecepatan dan gaya G yang mampu dihasilkannya. Perkembangan safety juga tidak ada habisnya menjadi bahan pembicaraan. Sayangnya, masih ada celah yang dianggap kurang dari sisi keselamatan. Yakni seputar kepala driver

Dua kecelakaan fatal pada 2009. Menimpa Felipe Massa yang mengalami cedera serius kepalanya karena terbentur sistem suspensi yang terlepas. Serta juga insiden parah yang dialami oleh Henry Surtees, anak dari legenda MotoGP dan F1, John Surtess.

Atas dua kecelakaan ini, pihak F1 bekerja sangat serius untuk terus mengembangkan perangkat keselamatan. 

Dalam pengembangan, baik melalui computer dan uji coba di lintasan, telah dihasilkan dua perangkat. Yakni ‘halo’ dan juga berupa windscreen. Sampai saat ini, ‘Halo’ yang banyak di coba. Seperti Lewis Hamilton dan Fernando Alonso yang melakukan pengetesan saat GP Singapura silam. 

Namun, perangkat yang terus uji coba ini ternyata masih menghasilkan beberapa titik perhatian. Seperti tingkat visibilitas dari pengendara dan juga berkaitan dengan kecepatan.

No caption
No credit
No caption
Fernando Alonso mencoba Halo di GP Singapura. 

Cukup mengejutkan, karena masih ada tawaran sistem keamanan untuk balap F1 ini. Datang dari Enrique Scalabroni, desainer mobil balap untuk Ferrari, Williams, Dallara dan Peugeot Sport.

Pria asal Argentina ini menawarkan solusi supaya kejadian Massa dan Henry Surtees tak lagi berulang.

Perangkat tersebut ada dua dan bersifat aktif, yakni windscreen yang tepat berada di atas dengkul pembalap, serta penutup yang berada tepat diatas kepala driver. 

Windscreen ini diharapkan mampu menghalau barang-barang apapun supaya tak mengenai kepala pengendara. Sementara, penutup yang ada diatas kepala juga dapat bergerak, sehingga efektif menghindari benturan pada helm. 

Dalam rancangannya, windscreen ini bisa diaktifkan, baik secara elektrikal ataupun manual. Saat tak digunakan, maka akan ‘tersimpan’ dalam bagian moncong mobil, tepat berada diatas dengkul. Saat akan digunakan, maka bisa keluar.

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa