Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tujuh Dekade Unimog Konsep Awalnya Alat Angkut Pertanian

Parwata - Selasa, 22 November 2016 | 08:50 WIB

Jakarta -Negeri Jerman memang menjadi kiblat bagi teknologi dan industri mobil dunia. Bagaimana mobil rakyat alias Volkswagen begitu dikenal di muka bumi. Bukan hanya Volkswagen saja yang menjadikan Jerman mentereng di jagad otomotif dunia. Ada satu mobil lagi yang kehadirannya begitu melegenda, yaitu Unimog.

Yup, bicara Unimog pasti semua orang mafhum dengan mobil yang unik dan berkemampuan serbaguna dan mampu menerjang beragam medan alias off-road. Unimog pada mulanya bukan didesain sebagai mobil badak dan tangguh seperti yang dikenal saat ini. Unimog yang merupakan kreasi Albert Friedrich yang dirancang pada 1944 silam itu diperuntukkan sebagai kendaraan multifungsi bagi pertanian alias mobilnya para petani di Jerman waktu itu.

Ide Albert Friedrich itu kemudian dimaterialisasikan oleh Heinrich Rößler yang mendesain dan menguji prototipe yang dilaksanakan pada 9 Oktober 1946, atau tepatnya 7 dekade silam, di mana saat Unimog awal belum ada bonet (moncong/ruang mesin) melainkan menggunakan sasis dari kayu.

Multiperan
 
Sejalan dengan perkembangannya Unimog, singkatan dari Universal-Motor-Gerat yang arti harafiahnya kendaraan multifungsi, lebih dikenal sebagai kendaraan badak yang bisa melibas di semua medan alias off-road. Produksi resmi perdana dari Unimog ini berlangsung pada 1954 yang diperuntukkan sebagai kendaraan pertanian. Tak kepalang tanggung, Unimog bisa mengaplikasi 66 perangkat atau peralatan pertanian kala itu.

Sejalan dengan perkembangan zaman, Unimog berkembang fungsi dan kegunaannya dan hingga saat ini Unimog telah diproduksi dalam rentang 30 jenis berbagai tipe dengan total jumlah mencapai 400 ribu unit di seantero jagad dengan beragam aplikasi, seperti traktor, kendaraan derek, mobil pemadam kebakaran, mobil eksplorasi tambang, bis dan banyak lagi. Dirgahayu Unimog yang ke-70 dan memang pantas benar Unimog diklaim sebagai kendaraan serbaguna. JLM / otomotifnet.com


Tonggak Penting Unimog
1946    Prototipe pertama diujicobakan
1947    Produksi pertama Unimog belum berpenggerak 4WD
1977    Unimog menembus produksi ke-200 ribu
2016    Unimog merayakan HUT ke-70

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa