Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Yaris Heykers, Kala 'Lets Go Beyond' Bukan Cuma Slogan

Bagja - Jumat, 4 November 2016 | 09:26 WIB
No caption
No credit
No caption

"Let's Go Beyond adalah cara kita dalam menginspirasi masyarakat untuk mengalami lebih banyak hal dan menjalani hidup dengan sepenuh hati. Mari kita pergi melampaui segala sesuatu yang kita tau. Mari kita merengkuh segala sesuatu yang tidak kita ketahui," 

Jakarta - Sejak Toyota Indonesia memperkenalkan slogan itu menggantikan 'Moving Forward', siapaun juga pasti menganggap kalau kalimat tersebut hanya sebatas slogan semata. Tapi nyatanya tidak, salah satunya terlihat dari rangkaian produk baru yang diluncurkan Toyota.

Berawal dari Toyota Sienta sebenarnya. Sejak awal diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia, MPV pintu geser ini menimbulkan tanda tanya besar pada masyarakat. Untuk apa mobil seperti ini dipasarkan? Tampangnya saja tidak biasa, belum fitur-fiturnya.

Tapi Toyota tetap Moving Forward. Toyota seolah makin berani untuk bermain-main dengan produknya, dengan segmentasi pasarnya, tidak lagi konvensional dan main aman seperti citranya selama ini. Padahal, kiprahnya di Tanah Air sudah genap berusia 45 tahun.

Dan barangkali baru di usia ke 45 ini Toyota akhirnya benar-benar berani untuk melakukan banyak hal yang diluar dugaan, diluar ekspektasi masyarakat. Setelah Toyota Sienta, kini dipertegas lagi dengan lahirnya Toyota Yaris Heykers.

Sebenarnya sama saja lah, ini tetap Toyota Yaris. Toh, Toyota juga tidak mau menyebutnya sebagai crossover. Tapi yang istimewa dari Toyota Yaris Heykers adalah mobil ini awalnya hanya sebagai pajangan dan referensi modifikasi.

Kalau bicara mobil modifikasi pabrikan mungkin sudah banyak. Meski banyak, tapi kebanyakan dilakukan sepotong-sepotong. Maksudnya, hanya beberapa bagian yang disematkan karya modifikasi pabrikan.

Tapi Yaris Heykers tidak. Mobil ini seolah menjawab imajinasi orang-orang saat melihat pajangan konsepnya. Kalau sebuah mobil mengawang-awang seperti Heykers bisa dimiliki tanpa harus repot-repot melakukan modifikasi, itu mungkin namanya 'Lets Go Beyond'.

Memang bumper, roof rail, side skirt, sampai over fender, semuanya 'ditempel' namun tidak sekedar 'ditempel'. Ada riset yang dilakukan Toyota. Termasuk ketika Toyota bekerjasama dengan TRD untuk menggarap sektor kaki-kaki Yaris Heykers.

Wajar, sebagai mobil petualang, sektor kaki-kaki harus lebih fit. Apalagi kini tingginya bertambah dengan usungan ground clearence mencapai 184 mm. Banyak risiko yang bisa dirasakan pengemudi saat mengubah tinggi mobil dan pusat gravitasinya.

Belum lagi bobot yang pasti lebih berat berkat bodikit dan penyematan pelek dengan lingkar lebih besar dari versi standar. Pastinya ada sedikit performa mesin yang dikorbankan.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa