Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Prototipe Generasi Kelima Honda Civic Type R Prototype

andy - Rabu, 23 November 2016 | 13:35 WIB

Baru saja Civic hatchback terbaru mulai dipasarkan, versi Type R-nya sudah menampakkan diri di ajang Paris Auto Show 2016 lalu. Memang yang tampil di Mondial de l'Automobile 2016 baru prototipe, namun bisa dibilang versi produksinya nanti pasti tak akan banyak berubah saat versi produksinya diluncurkan tahun depan.

Menggunakan basis Civic Hatchback generasi sepuluh yang rendah dan lebar, tampilan Type R Prototype lebih agresif dengan desain bodi lebih berotot dan penambahan peranti aerodinamika. Khusus untuk pameran ini, sekujur bodi Civic Type R dicat abu-abu dengan finishing brushed aluminium.

Di depan, bumper agresifnya diberi tambahan splitter dari carbon fiber dan garis merah yang sporty di bagian bawah. Tambahan lubang di bumper membuatnya terlihat lebih lebar, sementara motif berlian digunakan pada lubang udara di bagian depan.

Logo H merah yang menjadi siri khas semua varian Type R menghiasi bagian tengah gril depan. Kebutuhan pasokan udara yang besar membuat Civic versi kencang ini juga memiliki tambahan lubang udara di bagian depan kap mesinnya. Selain itu terdapat pula air scoop di tengah kap mesin dengan bentuk trapesium.

Tak seperti Civic Hatchback, headlamp LED Type R diberi sentuhan efek smoked, sementara bentuk lampu kecil dan sein sampingnya menonjolkan karakter Type R yang agresif.  Side skirt dari bahan serat karbon membentang di antara roda depan dan belakang juga diberi sentuhan warna merah di ujungnya.

Aksen garis merah ini juga terilhat di velg berdiameter 20 inci dengan finishing hitam mengilap. Dibanding Civic Hatchback biasa, sepatbor Type R dibuat lebih besar untuk mengakomodasi velg standar yang lebih besar dan lebar.

Di buritan, diffuser serat karbon menempel di bawah bumper yang lebih lebar. Di bagian tengah, diffuser ini memberi ruang yang cukup untuk tiga buah moncong knalpot. Dari ketiganya, knalpot berukuran lebih kecil diberi sentuhan highlight merah. Sentuhan ini membuat mobil terlihat lebih sporty, apalagi dengan adanya spoiler belakang dramatis.

Civic Type R generasi kelima ini dikembangkan bersama varian lain dari keluarga Civic, dan dikatakan akan mulai masuk ke jalur produksi pada tahun depan. Diproduksi di fasilitas pabrik Honda di Swindon, Inggris, Civic Type R akan menyebar ke seluruh dunia termasuk AS. Ini berarti untuk pertama kalinya konsumejn AS mendapatat jatah Type R secara resmi.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa