Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mazda Biante 2015, Menuntut Idealisme

Parwata - Kamis, 8 Desember 2016 | 16:27 WIB
Modifikasi Mazda Biante 2015
Agus Salim/Otomotifnet.com
Modifikasi Mazda Biante 2015

Tidak sekadar memasang komponen high end untuk menciptakan sistem audio mobil yang sempurna

Jakarta - Membuat sebuah sistem ideal memang bukan sesuatu yang mudah, apalagi ketika berurusan dengan produk-produk high end yang menuntut penanganan lebih istimewa agar menghasilkan output optimal. Jelas membuat ‘the utimate demo car’ bagi workshop Bestbuddyshop.com menjadi PR tersendiri.

“Kami ingin membuat sistem audio mobil yang menawarkan sebuah idealisme, dengan penempatan semua speaker yang ditata berdasarkan optimalisme sound quality, standar kualitas yang tinggi agar secara kosmetik menjadi karya seni yang indah,” ujar Susanto Cong dari gerai audio yang bertempat di Sunter, Jakut itu.

Dijelaskan bila dua hal di atas bersinergi, maka akan tercapai suatu definisi ideal.  Untuk memulainya, Susanto memilih mobil yang dianggapnya memiliki salah satu akustik yang terbaik dalam hal tata suara audio mobil, yaitu Mazda Biante dengan ruang yang lega dan dasbor yang cenderung rata.

Namun hal itu pun belum cukup, karena sekadar kontur dasbor dan kabin yang baik pun belum memungkinkan untuk menempatkan speaker di lokasi paling ideal.

Solusinya? Jelas perlu rombak dasbor. • Sano/otomotifnet.com

Motorized Subwoofer

Sama seperti speaker di depan yang mengandalkan komponen high end, subwoofer pun menggunakan dua Focal 27 KX yang berukuran 11 inci, kemudian masing-masing dihubungkan ke satu buah amplifier Sinfoni Quartorigo Andante. Namun cerita unik penyuplai frekuensi low-end ini ada di kemasannya.

“Kita pakaikan boks Isobaric Push Pull dengan bahan silinder akrilik berdiameter 30 cm, keunggulannya minim getaran sekaligus menarik karena bagian dalam boks dan subwoofer dapat dilihat langsung,” tambahnya.

Yang menarik, dudukan kedua subwoofer yang ditempatkan berhadapan di dalam boks ini dapat digerakkan via remote dan tombol. Selain agar ban serep tetap bisa diambil, ternyata ada tujuan lain penggunaan mekanisme motorized ini.

Tujuannya yaitu agar dapat dicari titik suara terbaik dari subwoofer dengan memaju mundurkannya sambil didengarkan dari listening position yang ideal, yaitu di posisi pengemudi. • Sano/otomotifnet.com

Rombak Dasbor

Tidak hanya membuat pilar A custom sepert kebanyakan modifikasi audio lainnya, pembuatan demo car ideal ini melangkah lebih jauh dengan menciptakan penempatan speaker yang paling optimal dengan dasbor custom.

“Ini supaya penempatan speaker bisa benar-benar maksimal, serta suara yang dihasilkan bisa benar-benar sempurna,” terang pria yang akrab disapa Afung ini.

Memulainya, digunakan bahan aluminium untuk pembuatan boks depan alias dasbor custom. Bahan ini dipilih dan bukan papan MDF seperti biasa karena memiliki bobot yang lebih ringan, serta suara speaker pun bisa lebih solid.

Agar bentuk OEM dan natural look terjaga, cover dipilih dari bahan fiber dan dilapis alcantara dan kulit Autoleder agar tidak berubah warna seiring waktu.

Konturnya tentu dibuat simetris antara kiri dan kanan. Setelah jadi, dasbor baru kini siap memuat midbass dan midrange dari speaker 3-way Focal Ultima alias flagship dari line-up merek Perancis itu.

Mengapa tidak seperti biasa, midbass di pintu dan midrange di bawah tweeter di pilar A?

“Midbass kami letakkan di dasbor agar bisa didapatkan suara mid low di atas dan tidak ada lagi getaran di area door trim, sedangkan midrange di dasbor untuk mendapatkan tata panggung sempurna dan menghindari blind spot karena ukurannya cukup besar yaitu 6 inci,” tambah Afung.

Tweeter diletakkan di bawah ujung pilar A, dekat midrange di dasbor.

Posisi ini didapat dengan melakukan tes dengar beberapa posisi sebelum menempatkan speaker berfrekuensi tinggi ini. Melengkapi driver hign-end ini dipasang power amplifier yang memiliki spesifikasi sama tingginya.

Tak sekadar memilih amplifier 4-channel, namun dipakai 6 unit 2-channel yang difokuskan ke masing-masing speaker.

Yang pertama 2 buah Sinfoni Quartorigo Grave, dimana masing-masing unitnya dipasangkan ke midrange dan midbass dari Focal Ultima. Kemudian 2 buah Sinfoni Quartorigo Presto dipasangkan ke tweeter-nya.

Bagaimana dengan subwoofernya? • Sano/otomotifnet.com

Data Spesifikasi

Head Unit: Sony RSX-GS9 Hi-Res
Processor: Helix DSP PRO
Processor Controller: Helix Director Controller
Speaker: 3-way Focal Ultima, Focal Little Bird
Subwoofer: 2 Focal 27KX
Power Amplifier: 2 Sinfoni Quartorigo
Andante, 2 Sinfoni Quartorigo Grave, 2 Sinfoni
Quartorigo Presto, Focal FD 4.350
Battery: 6 Motobatt 7A Gel (extra)
Cables: Focal Elite EK35 2AWG (main),
Domination Pitch & Timbre 4AWG (power
amplifier), Dominations Pitch & Timbre KS300
(speaker, RCA)
Extra: Fuse & Ground Connections Cooper
Stick 8 mm


Workshop: Bestbuddyshop.com (021-6530 9073)

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa