Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Injection Cleaner, Membersihkan Sampai Ruang Bakar

Minggu, 4 Desember 2016 | 08:31 WIB

Jakarta - Era injeksi sekarang ini semua serba dipermudah, contohnya saat servis jadi lebih simpel, karena enggak perlu lagi bongkar karburator untuk membersihkan saluran dan spuyer di dalamnya. Lalu bagaimana kalau sistem injeksinya kotor?

Nah jika sistem injeksi kotor, terutama saluran bahan bakarnya, maka pembersihannya juga mudah. “Pakai saja injection cleaner,” saran Sudirjo, mekanik Anjany Racing di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar. Misalnya ada merek Wurth, 3M, STP, Wealthy dan sebagainya. Simak yuk tips aplikasi injection cleaner biar enggak salah pakai!

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukannya, dengan cairan ini injektor sampai ruang bakar bisa bersih tanpa perlu bongkar-bongkar. Tentu saja lebih hemat waktu dan biaya. “Untuk ongkosnya hanya Rp 150 ribu, bisa untuk semua motor injeksi,” terang Angga Kurniawan, pemilik Anjany Racing.

Bandingkan jika pembersihan  dilakukan dengan pembongkaran, apalagi motornya sekelas Kawasaki Ninja 250 atau yang lebih besar. Jika bongkar cylinder head ditambah komponen yang diganti seperti paking, tentu totalnya lebih mahal.

Lalu bagaimana proses aplikasinya? Dirjo, sapaan Sudirjo mencontohkan pakai alat dari Wealthy di Kawasaki Ninja 250. Pertama tangki dilepas, termasuk selang dari pompa bensin. Kemudian cairan pembersih dimasukkan ke tabung penampung.

Selanjutnya alat dirakit, dan sebagai pengganti pompa, bahan bakar dimampatkan pakai udara dari kompresor dengan tekanan lebih dari 60 psi. Kemudian mesin dihidupkan dalam keadaan stasioner sampai injection cleaner habis. “Sekitar setengah jam,” terang Dirjo.

Setelah cairan pembersih habis dan mesin mati, maka tinggal dirakit ulang. “Rasakan deh efeknya, pasti tarikan lebih ringan,” tegas Dirjo. Yuk dicoba! • (Aant / otomotifnet.com) 

Anjany Racing: 0812-9456-913

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa