Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengatasi Posisi Velg Terlalu Masuk

andy - Selasa, 6 Desember 2016 | 11:47 WIB

Dalam melakukan dress up adakalanya kita menemui kondisi yang tak sesuai perhitungan. Misalnya velg pilihan tidak bisa duduk sempurna akibat spesifikasinya yang tidak cocok. Diameter dan lebar sudah sesuai namun offset besar sehingga posisinya menjadi terlalu dalam di sepatbor.

Kondisi ini bukan hanya membuat modifikasi menjadi kurang sedap dipandang, juga mengandung risiko. Ada kemungkinan sisi dalam velg mentok ke lengan ayun, mangkok per, atau batang sokbreker.

Untuk mengatasinya biasa digunakan spacer atau adaptor. Kedua benda ini memiliki fungsi membuat posisi velg lebih keluar, apabila offset-nya terlalu dalam. Pemakaian adaptor maupun spacer harus memperhatikan beberapa hal penting agar keselamatan dan kenyamanan berkendara tetap terjaga. Pemakaian yang salah dari spacer maupun adaptor bisa menyebabkan baut roda tergerus dan tak kuat menahan bobot velg sehingga roda bisa copot.


Spacer

Ada dua jenis spacer yang jamak ditemui di pasaran: spacer universal dan spacer knob. Kedua jenis spacer ini punya ciri-ciri fisik yang berbeda. Spacer universal bisa ditemui di toko-toko velg, dengan ketebalan bervariasi antara 5-8 mm. Jenis spacer ini punya banyak lubang baut di penampangnya karena sifatnya yang universal sehingga harus bisa masuk di berbagai ukuran PCD.

Karena harganya yang murah, spacer universal biasanya relatif mudah retak sehingga tidak dianjurkan untuk pemakaian permanen. Selain itu kualitas buatannya yang kurang presisi seringkali membuat velg tidak dapat duduk dengan sempurna sehingga menimbulkan getaran.

Spacer knob adalah jenis spacer yang dibuat khusus untuk mobil tertentu dari material yang lebih solid. Bagian tengahnya juga sudah dilengkapi center ring sehingga beban velg tidak bertumpu pada baut roda.

Ukuran ketebalan spacer knob juga bisa dibuat sesuai keinginan. Namun tetap saja ketebalan spacer dianjurkan tidak melebihi 20 mm karena menyebabkan baut yang digunakan semakin panjang sehingga memperbesar kemungkinan baut patah dan roda copot.


Adaptor

Umumnya adaptor digunakan untuk mengubah PCD, yaitu jika PCD mobil tidak sama dengan velg yang akan digunakan. Perbedaan inilah yang dijembatani oleh pemakaian adaptor.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa