Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Kawasaki KZ 200 1980, Scrambler Klimis!

Jumat, 20 Januari 2017 | 11:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Motor custom harus siap disiksa segala medan,” buka Donny Gautama Putra. Makanya, konsep modifikasi pilihan sang video editor ini jatuh pada vintage scrambler. “Tampilannya simpel dan menarik, serta posisi riding yang nyaman untuk menghadapi jalan aspal maupun tanah,” tambahnya.

Dalam proyek motor custom-nya ini Donny memilih bahan Kawasaki KZ 200 atau yang di Indonesia akrab dengan nama Binter Merzy. Untuk proses rombakan bengkel Coba Coba Custom Motorsaikel (CCC) di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan dipercaya untuk melakukan Modifikasi Kawasaki KZ 200 ini. Maskel, sang modifikator bergerak cepat, setelah seluruh baju bawaan motor dilucuti, subframe dipotong jadi lebih simpel.

Sepatbor belakang custom menyesuaikan dengan bentuk rangka baru. Untuk tangki diambil dari copotan Suzuki TM100 yang memang beraliran penggaruk tanah. Sedang sepatbor depan menggunakan limbah Suzuki TS100 lawas. Penambahan plate number pada bagian kiri-kanan dan depan memperkuat konsep trail tahun tua.

No caption
No credit
No caption
 

Agar bisa dibejek di trek tanah, pemasangan as shock depan Suzuki TS125 dianggap pas untuk mengejar kenyamanan. Pada bagian belakang menggunakan shock Yamaha RX-King yang sudah dimodifikasi menjadi tinggi 36 cm. Ban trial dipilih karena memiliki motif yang kasar tapi tetap ngegrip di aspal.

Meningkatkan power mesin, langkah bore-up menjadi 250cc dilakukan. “Supaya gak ngerepotin, pengapian motor yang aslinya platina, langsung upgrade ke pengapian Merzy CDI keluaran tahun 1984,” tambah Maskel.

Uniknya, meski disiapkan untuk main tanah, wujudnya tetap klimis. Proses polish dilakukan pada mesin dan pelek, dan krom untuk sepatbor. Tangki dicat kinclong warna biru pastel dengan striping  kuning hitam minimalis.

Pantas saja, meski sering diajak main tanah Donny tidak pernah lupa membawa lap untuk menjaga kebersihan motornya.. Klimis bor! • (Aaron/Otomotifnet.com)

Plus: Konsep kuat, minimalis bergaya scrambler lawas
Minus: Minim perangkat lalu lintas, kalau buat harian dilengkapi ya!

 

Data Modifikasi:
Ban Depan: Yokohama 19-3.00
Ban Belakang: Stronghold 18-4.00
Pelek Depan: TK Racing 19x2.15
Pelek Belakang: TK Racing 18x2.50
Karburator: Keihin PE28
CCC Motorsaikel: 0813 820 90089

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa