Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ICE Chevrolet Trax LTZ 2016, Manfaatkan HI-Input

Parwata - Sabtu, 28 Januari 2017 | 14:35 WIB

HU OEM Trax tidak memungkinkan penggunaan output RCA, alhasil banyak yang tidak berani utak-atik kecuali pria yang satu ini

Jakarta - Baru empat hari ‘Redbull’, panggilan untuk Trax merahnya, mendarat di garasi rumah, Taufik Hidayat tidak sabar mengubah sistem ICE-nya. “Sebenarnya audio standar Trax sudah cukup enak, tapi karena pengaturan audio di HU sangat terbatas, suaranya tidak bisa fokus dan kurang menggigit,” jelas Taufik.

Langsung, salah satu pentolan Grand Avega Community (Gravity) ini memindahkan komponen audio dari mobil lamanya. Namun ketika berkonsultasi dengan member lain Trax Owner Community, ternyata ada masalah lain.

“Di HU ada setting mobil seperti auto lock, light dimmer dan sebagainya, jadi sulit untuk diganti,” tambah Taufik. Memanfaatkan HU standar memang tak masalah, tapi akan membingungkan karena OEM Trax tersebut tidak ada output RCA untuk ke speaker.

Untungnya, hal tersebut bisa diakali penggunaan prosesor Audison BitTen yang dapat menggunakan Hi Input, sehingga source dari HU bisa menggunakan kabel dari speaker depan ke prosesor. “Memang sih suara masih kalah dibanding menggunakan input RCA, tapi sudah lebih dari cukup kok ini,” tanggap pria yang berdomisili di Bintaro itu.

Speaker depannya, Taufik memilih sistem 2-way full range, karena menurutnya lebih simpel dan memiliki pengaturan yang lebih enak. Sedang pada speaker belakang yang biasanya dinonaktifkan. Sayangnya pada Trax, speaker tersebut tersambung ke sensor parkir, sehingga perlu diakali dengan fader maju full ke depan agar tidak keluar suara dari belakang.

“Ke depannya tinggal tambah HU Single-DIN untuk slot CD, karena aslinya tidak ada. Nanti tinggal diletakkan di konsol atas HU,” tutup pria yang berprofesi sebagai Dokter tersebut. * (Sano/otomotifnet.com)

Data Modifikasi:

Head Unit: OEM Chevrolet Trax
Processor: Audison BitTen
Speaker: Audible Physics RAM 2 A (Fullrange), Audible Physics H6.5MB (Midbass)
Power Amplifier: Vox 4-channel
Monoblock Amplifier: Avexis Pumping 1-channel
Subwoofer: Gladen MX Line 10
RCA Cables: RAMM
Speaker Cables: Canare
Damping: Automate
Settings by: Gravity Audio Lover
Workshop: Baron Jaya Audio (0818-0824 0358)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa