Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Lengkap All New Yamaha R15, Power Naik 2 dk, Ini Sebabnya

Dimas Pradopo - Senin, 23 Januari 2017 | 17:40 WIB

Sentul - Jika menilik data spesifikasi yang dirilis PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), All New Yamaha R15 memiliki peningkatan tenaga cukup signifikan dari 16,36 dk pada 8.000 rpm naik jadi 19,05 dk pada 10.000 rpm.

Begitu juga dengan torsinya, dari 14,5 Nm pada 7.500 rpm meningkat tipis jadi 14.7 Nm di 8500 rpm. Lalu apa rahasia performanya bisa meningkat?

"Tentunya karena mesinnya all new, benar-benar baru dengan berbagai keunggulan," buka Ari Kristianto dari tim product planning PT YIMM.

Pertama adalah kapasitas mesinnya yang meningkat jadi 155,1 cc dari sebelumnya yang hanya 150 cc. Peningkatan kapasitas mesin ini diperoleh dari aplikasi piston yang lebih besar. Jika sebelumnya 57 mm kini jadi 58 mm.

Penyempurnaan lainnya adalah disematkannya teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini memungkinkan noken as memiliki dua durasi yang berbeda. Pada R15 durasi berubah pada 7.400 rpm.

Sehingga pada putaran rendah maupun tinggi, performannya tetap baik. Bahkan cenderung meningkat.

Perubahan lain adalah throttle body yang lebih besar untuk mengakomodir kebutuhan suplai udara dan bahan bakar. Diameternya kini jadi 30 mm di kawal dengan injector yang memiliki 10 hole.

Masih dari area mesin, koplingnya dilengkapi assist sehingga tuas kopling jadi lebih ringan dan ada slipper clutch untuk membuat perpindahan gigi makin ringan dan membuat engine brake lebih mulus.

Pembaruan lain dari motor ini di luar mesin adalah sasis anyar, jenisnya masih deltabox,  "Tapi benar-benar baru karena menyesuaikan mesin baru," sambung pria ramah ini.

Di area kaki- kaki, konsep total balance diusung dengan distribusi bobot 50:50. Yang belakang masih dilengkapi dengan swing arm aluminium dan suspensi depan up side down, inner tube nya 37 mm.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa