Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha YZ250F 2015, Jawara Dari Pulau Dewata

Parwata - Minggu, 29 Januari 2017 | 06:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 

Bali - Turun di Kejurnas Motocross 2016 di kelas MX2 Junior, I Gusti Ngurah Diva Ismayana sanggup berbicara banyak. Pelajar kelas 1 SMU Santo Yosep, Denpasar ini merengkuh posisi runner up di usia yang terbilang muda.

“Sebenarnya di seri akhir selisih poin hanya terpaut 16 dengan Hilman Maksum, namun sayang cuaca saat itu kurang bersahabat,” ungkap Tjokorda Vicky Sudharsana Wibisana, sang pemilik Team Bali MX tempat Diva bernaung.

Bukan cuma skill, motor juga berpengaruh besar pada prestasinya. Bicara motor, “Basis YZ250F ini sudah bagus, handling dan mesin aslinya siap balap,” ungkap Tjok Vicky. Tapi di tangan kru Bali MX, disesuaikan kembali dengan karakter Diva yang sangat agresif.

Untuk mengimbangi karakter kasar sang pembalap, kelemahan pada connecting rod dibenahi. “Setang seher bawaan YZ250F kurang kuat, setelah pakai Carillo lebih tahan lama,” jelasnya. Untuk menjaga durabilitas, sekalian saja piston berikut kruk as pakai merek yang sama.

Ketika durability sudah teruji, giliran performa didongkrak lewat aplikasi camshaft Pro Circuit dan knalpot FMF seri F4. Engine management diatur ulang pakai ECU Vortec. Agar mudah dikendalikan, kaki-kaki juga mendapatkan banyak pembenahan.

“Sokbreker depan kita menggunakan merek Marzocchi, sedangkan belakang masih aslinya, tapi saya upgrade sesuai karakter Diva” jelas Ainur Rofiq alias Kamerun salah satu crew Bali MX yang piawai meracik suspensi sekaligus pemilik Kame Suspension.

Terakhir, Diva yang pede pakai ban lokal Corsa MT Cross-R ini pasang disc brake Afam yang diameternya lebih lebar. Pantas bisa ngerem lebih dekat dengan tikungan. (Ketut / Otomotifnet.com)

 

Plus: Durabilitas baik, mesin lebih awet
Minus: Decal sudah banyak yang terkelupas dan rusak, rapiin lagi bro!

Data Modifikasi
Camshaft : Pro Circuit
Piston : Carillo
Connecting Rod : Carillo
Crankshaft : Carillo
ECU : Vortex
Exhaust : FMF F4 Series
Gir Belakang : Afam
Disc Brake depan : Afam
Sokbreker depan : Marzocchi
Sokbreker belakang : OEM di Upgrade
Ban depan : Corsa MT Cross-R 80/100-21
Ban belakang : Corsa tipe MT Cross-R 110/100-19

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa