Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Setel Pitman Arm Land Rover Series, Belok Banyak Tapi Tetap Aman

Parwata - Kamis, 2 Februari 2017 | 11:21 WIB

Jakarta - Pemilik Land Rover tipe Series, umumnya telah mengubah sistim kemudinya dengan menambahkan power steering. “Kalau Landy enggak pakai power steering, tobat deh. Mana berat, beloknya dikit pula,” papar Basri, mantan dragster yang banting setir menjadi off-roader.

Pasang power steering di Landy sudah tidak aneh, banyak bengkel yang bisa melakukannya. “Mau pasang gearbox-nya di depan gril, atau mau di dalam ruang mesin boleh saja, tergantung selera,” ujar Enjum, Mekanik bengkel BK Autosport.

Tapi paling murmer dan mudah aplikasinya, jelas Mang Enjum, menggunakan gearbox power steering milik Toyota Crown, yang pada Landy diletakkan di depan gril.

“Nah, saat sudah mengkawinkan steering Landy dengan Toyota Crown seperti ini, sayang kalau tidak dimaksimalkan. Karena pitman arm bawaan Series punya sudut belok lebih sedikit ketimbang milik Crown,” jelas Enjum.

Memang untuk bisa mengaplikasikan pitman arm Toyota Crown di Landy series tidak plug and play, perlu kreativitas, tapi hal ini bisa kok dilakukan oleh sang owner dengan bantuan bengkel bubut. Berikut triknya: * (Rindra/otomotifnet.com)

1. Potong ujung pitman arm Landy, pas di bibir lingkaran tempat duduknya ball stud tie rod.
2. Ball stud Toyota Crown letaknya ada di pitman arm. Oleh karena itu, harus dikeluarkan dengan cara menggerinda bagian belakang bibir dalam pitman arm, hingga ball stud bisa dikeluarkan dengan cara dipukul dari arah depan.
3. Masukkan potongan lingkaran bagian ujung pitman arm Landy ke dalam lubang tempat ball stud di pitman arm Toyota Crown. Jika tidak pas, minta bantuan tukang bubut meratakan sisi-sisinya, dan memasukannya dengan cara dipres.
4. Setelah pas dan masuk, sebelum menyatukan potongan pitman arm Landy dengan Toyota Crown, masukkan terlebih dahulu ball stud tie rod ke dalam lubang pitman arm, dan kencangkan dengan mur. Sekarang baru dua pitman arm tersebut disatukan dengan cara dilas listrik, hingga betul-betul rapat dan matang.
5. Setelah proses penyatuan dua pitman arm selesai, sekarang tinggal memasang pitman arm tersebut.
6. Setelah terpasang dengan sempurna, mari kita buktikan kemampun landy berbelok dengan melihat batasan stopper di balik roda.

“Banyak yang mengubah power steering Landy tidak mengikutkan pitman arm-nya sekalian. Alias banyak yang main potong sambung, jelas-jelas riskan patah,” wanti Mang Enjum. “Dengan pitman arm asli milik Toyota Crown yang dikerjakan secara benar, tentu tetap aman dan kuat, juga sudut belok si Landy jadi lebih banyak,” tambahnya. .

Mang Enjum (BK Autospeed). Telp: 0852-212 9779

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa