Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembalap F1 Menentang Pelindung Kokpit 'Halo'

Jumat, 3 Februari 2017 | 21:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Eropa – Perangkat pelindung tambahan di kokpit mobil F1 yang bernama ‘halo’ dan tahun lalu sempat dicoba, ditentang oleh para pembalap. Demikian hasil survei yang dilakukan FIA.

Dalam beberapa balapan tahun lalu, sejumlah tim mencoba konsep halo saat sesi latihan bebas. Sejumlah reaksi bermunculan mengenai peranti yang dianggap dapat memberi perlindungan tambahan kepada pembalap. Terutama bagian kepala.

FIA tampaknya akan memulai debut pemakaian sistem pelindung kokpit yang kontroversial itu pada 2017, namun ditunda setahun lagi. Menyusul kurangnya persetujuan dari pembalap.

Media Jerman, Auto Motor und Sport melaporkan, halo bahkan tidak ada hadir di 2018.

Sebastian Vettel di GP Abu Dhabi 2016. Pembalap memberi tanggapan berbeda mengenai visibilitasnya saat mencoba halo

FIA melakukan suvei kepada pembalap untuk mengukur pendapat mereka dan pada 1 Februari diketahui hasilnya, kebanyakan telah menolak sistem itu.

Laporan tersebut menyatakan, FIA menerima 16 jawaban dari pembalap.  Tujuh suara pembalap menentang, lima mendukung dan empat abstain.

Ide pemakaian pelindung kokpit mobil F1 itu muncul setelah pembalap Manor, Jules Bianchi meninggal karena cedera kepala yang dideritanya dalam kecelakaan pada GP Jepang 2014.

Ada opini dan banyak yang percaya, bahwa perangkat itu bertentangan dengan etos konsep tradisional kokpit terbuka di F1.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa