Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rolling Resistance Dunlop Enasave EC300+ Lebih Rendah, Klaim Buat Irit Bahan Bakar

Octa Saputra - Kamis, 9 Februari 2017 | 01:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Bogor - Seperti yang dilansir pada artikel sebelumnya pada peluncuran Dunlop Enasave EC300+ (8/2), PT Sumi Rubber Indonesia mengklaim bahwa ban anyar tersebut lebih nyaman, umur pakai 10% lebih panjang dan pastinya bisa membuat irit pemakaian bahan bakar.

Agar klaimnya enggak dibilang hoax, maka di Sirkuit Sentul, Bogor, dibuktikan klaim dari keunggulan Dunlop Enasave EC300+.

Rolling resistance jadi pembuktian bahwa Dunlop Enasave EC300+ memiliki hambatan yang lebih rendah. Tes ini menggunakan metode 2 unit Toyota Avanza digulirkan pada bidang dengan kemiringan yang sama dan dalam kondisi mesin mati.

“Agar fair, maka masing-masing mobil bergantian bidang gulirnya. Selain itu, masing-masing mobil juga secara bergantian menggunakan ban Dunlop Enasave EC300+ dan pesaing,” kata Bambang Hermanuhadi, Manager Trainning PT Sumi Rubber Indonesia.

No caption
No credit
No caption
Ban Dunlop Enasave EC300+ punya desain sidewall dan tapak baru

Minim hambatan yang diklaim, berbanding dengan iritnya penggunaan bahan bakar.

Namun bisa hambatan gulir lebih minim, apakah pengereman terpengaruh? Untuk yang satu ini, pengetesan dilakukan pada area yang diberi air (hasil pengetesan lihat tabel).

“Jumlah silica yang dicampurkan lebih banyak dari produk lain dan dengan Polimer Multi Fungsi, membuat bahan tersebut makin terikat dengan polimer pada karet ban Dunlop Enasave EC300+. Itu mampu mencegah pembentukan panas yang enggak perlu dan bisa mengurangi hambatan gulir,” papar pria ramah ini.

Rolling Resistance lebih rendah, mobil dengan ban Dunlop Enasave EC300+ dapat menggelinding lebih jauh

Dengan desain side wall khusus dan tapak ban baru, membuat kenyamanan Dunlop Enasave EC300+ jadi terjaga. Hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya noise dan juga lebih lembut saat melibas jalanan yang diberi penghambat berbahan karet seperti speedtrap.

Tabel Hasil Tes
Rolling Resistance
Ban Waktu Jarak
Dunlop Enasave EC300+ 44,8 detik 68,2 meter
Kompetitor 40,6 detik 64,6 meter
Pengereman
Ban Jarak
Dunlop Enasave EC300+ 10,10 meter
Kompetitor 10,95 meter

Editor : Octa Saputra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa